Mediamorfosis dakwah santri al-hikamussalafiyah dari media cetak majalah ghirah ke media sosial akun instagram @santricipulus

Riefaldi, Ahmad (2024) Mediamorfosis dakwah santri al-hikamussalafiyah dari media cetak majalah ghirah ke media sosial akun instagram @santricipulus. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420021_Cover_Bab I dan Bab V .pdf

Download (3MB)
[img] Text
3420021_FulI Teks -1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pesatnya arus zaman dan kemajuan teknologi memengaruhi cara dakwah santri dan harus mengikuti arus pekembangan zaman yang pada mulanya berdakwah menggunakan lisan, kini menggunakan media dalam menyampaikan pesan dakwah. Namun, mediamorfosis dakwah santri juga membawa tantangan tersendiri. Oleh karenanya, penting untuk mengerti secara mendalam tentang mediamorfosis dakwah santri, termasuk dampaknya terhadap efektivitas dakwah, pola interaksi sosial, dan adaptasi santri terhadap perubahan tersebut. Dengan pemahaman yang baik, dapat dikembangkan strategi dakwah yang selaras dengan pertumbuhan teknologi dan kebutuhan khalayak, sehingga dakwah santri tetap efektif dan relevan dalam mensyiarkan ajaran agama Islam pada era digital ini Perkembangan zaman, ilmu komunikasi serta teknologi menyebabkan preferensi manusia menjadi meningkat. Akibatnya manusia sangat haus akan informasi yang menjadikan mobilitas informasi pun berputar begitu cepat. Untuk mempertahankan eksistensi lembaga, maka santri Al-Hikamussalafiyah mentransformasi media dakwahnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1). Mengetahui mediamorfosis dakwah santri Al-Hikamussalafiyah dari media cetak majalah Ghirah ke media sosial akun Instagram @santricipulus 2). Mengetahui analisis SWOT transformasi media dakwah santri Al-Hikamussalafiyyah dalam akun Instagram @santricipulus Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data primer, maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancra, observasi dan dokumentasi. Adapun untuk memperoleh data skunder, yaitu cukup dengan membaca, melihat atau mendengarkan. Data ini telah tersedia dari penelitian, laporan, atau publikasi yang dilakukan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini, mediamorfosis dakwah yang terjadi pada santri Al-Hikamussalafiyah ialah disebabkan karena evolusi perkembangan teknologi bersamaan dengan meningkatnya preferensi manusia sehingga mengharuskan dilakukannya konvergensi media oleh santri Al-Hikamussalafiyah dari majalah Ghirah dengan mengadopsi media sosial Instagram sebagai majlis baru. adapun peluang yang dimiliki santri Al-Hikamussalafiyah dalam berdakwah melalui Instagram ialah banyaknya santri, banyaknya pengguna Instagram serta dukungan dari dewan Kyai. Adapun tantangan yang harus dihadapi ketika berdakwah di Instagram ialah belum terbentuknya manajemen tim media, adanya santri yang dapat mencemarkan citra baik pesantren melalui unggahannya yang kurang pantas serta serangan akun-akun fake yang menginformasikan hal-hal yang tidak pantas tentang pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMazaya, VykiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mediamorfosis dakwah, Peluang, Tantangan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:16
Last Modified: 11 Nov 2024 03:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11520

Actions (login required)

View Item View Item