Muftadhilah., Lailatul. (2021) Manajemen Dakwah dalam Pelayanan Jasa KBIH Nusa Madinah Kec. Wiradesa Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3617013-Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
3617013-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari bahwa aktivitas manajemen dakwah dalam pelayanan jasa KBIH Nusa Madinah dirasa penting untuk mencapai tujuan dakwah haji yaitu pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan ajaran Rasulluah Saw. KBIH Nusa Madinah merupakan KBIH yang ada di Kec. Wiradesa Kab. Pekalongan. Dan kebanyakan jamaah haji dari daerah sekitar wiradesa memilih KBIH tersebut karena pelayanan nya yang ramah dan terpercaya. Pembinaan terhadap jamaah haji di KBIH Nusa Madinah Kec. Wiradesa memengaruhi kualitas ibadah haji oleh jamaah. Namun masih sering ditemui beberapa kendala dalam operasional pembinaan jamaah hajiketika pra haji dan paska haji. Kendala yang sering ditemui jamaah adalah terhadap pemahaman jamaah terhadap materi, teori, praktik dan manasik haji. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif atau penelitian lapangan yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan atau menguraikan sesuatu hal menurut apa adanya. Dalam teknisnyametode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara da dokumentasi. Setelah data-data terkumpul, dilakukan klasifikasi, editing dan penyajian data kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KBIH Nusa Madinah Kec. Wiradesa telah melaksanakan proses manajemen dakwah dalam KBIH Nusa Madinah Kec. Wiradesa dengan menerapkan unsur-unsur pelayanan jasa serta langkah-langkah manajemen dakwah. Unsur-unsur pelayanan jasa dimulai dari yang pertama, yaitu tangible, berupa bukti fisik yang meliputi pegawai, perlengkapan dan sarana komunikasi. Realibiliti yaitu berupa kemampuan memberikan pelayanan yang menjanjikan dengan segera dan memuaskan. Responsiveness, yaitu berupa keinginan staf untuk membantu para pelanggan dan memberikan pelayanan dengan tanggap. Assurance, yaitu mencangkup kemampuan, kesopanan dan sifat dapat dipercaya yang dimiliki para staf. Emphaty yaitu berupa perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang diberikan kepada para pelanggan dengan berupaya memahami keinginan konsumen. Adapun langkah-langkah manajemen dakwah dimulai dari perencanaan dakwah yang disusun sebelum pelaksanaan dakwah, kedua pengorganisasian dakwah pembentukan struktur organisasi dan pembagian kerja, ketiga penggerakan dakwah dengan menggunakan pengarahan dan orientasi, kenudian mengevaluasi seluruh rangkaian manajemen dakwah yang telah dilaksanakan. Kesinambungan unsur-unsur pelayanan jasa dan langkahlangkah manajemen dakwah yang telah dilaksanakan di dalam KBIH Nusa Madinah Kec. Wiradesa akan mempengaruhi pencapaian dakwah yang diinginkan dan berjalan secara efektif dan efesien
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen dakwah, Pelayanan Jasa, KBIH Nusa Madinah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:57 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 06:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11551 |
Actions (login required)
View Item |