Lestari, Sunia Ayu (2024) Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Pengembangan Komunikasi Anak Kelompok A (4-5 Tahun) Di TK ABA Binagriya Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2419050_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2419050_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2419050_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pengembangan bermain peran sebagai metode pembelajaran dapat membantu anak dalam memahami pentingnya karakter dalam dunia sosial dan mengatasi permasalahan. Oleh karena itu, melalui imajinasi, anak-anak mengetahui bagaimana menggunakan proses pembelajaran, memahami keberadaan berbagai posisi dan melakukan refleksi. Dalam Pengembangan komunikasi adalah kemampuan mengartikulasikan kata dengan jelas dan ringkas sehingga dapat dibaca dengan lantang dan berulang-ulang. Permasalahan yang peneliti kemukakan dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana metode bermain peran dalam pengembangan komunikasi anak di TK ABA Binagriya pekalongan ? , 2) Faktor yang mempengaruhi metode bermain peran dalam pengembangan komunikasi anak di TK ABA Binagriya Pekalongan? Adapun tujuan dari penelitian yaitu : 1) Untuk mengetahui metode bermain peran dalam pengembangan komunikasi anak di TK ABA BINAGRIYA PEKALONGAN, 2)Untuk mengetahui faktor bermain peran dalam pengembangan komunikasi anak di TK ABA BINAGRIYA PEKALONGAN Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana menggunakan metode implementasi peran untuk pengembangan komunikasi anak kelompok A (4-5 tahun) di TK ABA Binagriya Pekalongan. Mengingat metode bermain peran ini sudah dilaksanakan sejak dulu karna di TK ABA Binagriya dalam menerapkan metode peran untuk melatih anak agar bisa berinteraksi,menambah wawasan,berekplorasi dan menambah koskata saat melakukan percakapan dengan lawan jenis. Jenis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode bermain peran untuk pengembangan komunikasi anak kelompok A (4-5 tahun) di TK ABA Binagriya dilakukan dengan melalui imajinasi, anak-anak mengetahui bagaimana menggunakan proses pembelajaran, memahami keberadaan berbagai posisi dan melakukan refleksi. Melalui peran dan untuk pengembangan komunikasi anak dengan faktor pendukung 1) motivasi anak,2) bahan ajar,3) sarana dan prasarana dan juga ada faktor penghambat 1) lingkungan dalam kelas,2) terbatasnya waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode bermain peran, Pengembangan komunikasi anak. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 02:24 | ||||||||
Last Modified: | 20 Dec 2024 09:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11562 |
Actions (login required)
View Item |