Muhammad Ikhsannudin, Ikhsan (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Materi Statistika. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2620116_Cover_Bab I dan Bab V (1).pdf Download (1MB) |
|
Text
2620116_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2620116_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Ikhsannudin, Muhammad. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Materi Statistika. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing, Nurul Husnah Mustika Sari, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep, Website, Materi Statistika. Di era modern saat ini perubahan dalam metode, media, dan proses pembelajaran. Pemilihan media yang efektif dan pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan salah satunya media pembelajaran website. Hal tersebut dikarenakan penggunaan website mudah digunakan di manapun dan kapanpun selagi terkoneksi dengan internet. Namun penerapan media pembelajaran website ini belum diterapkan di kalangan para peserta didik di SMP Salafiyah Pekalongan. Para pendidik (guru) di sana lebih memilih pembelajaran dengan metode pembelajaran tradisional sehingga belum pernah menerapkan pembelajaran matematika menggunakan website dan selama proses pembelajaran, siswa tidak terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuan tentang materi yang dipelajari. Sehingga, siswa tidak memahami konsep dengan baik. Dengan menerapkan model pengembangan ADDIE sebagai prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis website melalui tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation dapat menghasilkan media pembelajaran berbasis website di kurikulum Merdeka untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Salafiyah Pekalongan yang dapat digunakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Hasil kevalidan media pembelajaran berbasis website diperoleh skor 70,5 atau 88,125% dengan kategori “sangat valid” oleh ahli media dan diperoleh skor 56 atau 93,3% dengan kategori “sangat valid” oleh ahli materi. Kepraktisan media pembelajaran berbasis website pada respon skala guru diperoleh skor 92 atau 92% dengan kategori “sangat praktis” dan respon skala siswa diperoleh skor 2768 atau 81,41% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil akhir rata-rata uji Normalitas Gain atau N-Gain diperoleh skor 0,56 dengan kategori “efektif”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website ini praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Salafiyah Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep, Website, Materi Statistika. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:50 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11572 |
Actions (login required)
View Item |