Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SDN Boyoteluk Kabupaten Pekalongan

Kartikawati, Adhisa (2024) Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SDN Boyoteluk Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320052_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
2320052_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
2320052_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan guru belum maksimal karena keterlambatan anak untuk menangkap soal cerita, sehingga anak-anak menjadi malas mengerjakan soal yang diberikan guru, kurang aktif saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III di SDN Boyoteluk? 2) Bagaimana pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa keelas III di SDN Boyoteluk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan uji SPSS digunakan untuk rumusan masalah 1 yaitu tentang perbedaan antara sebelum dan sesudah dilakukannya pembelajaran dengan menerapkan model Realistic Mathematics Education (RME) dan Uji Regresi Linier Sederhana digunakan untuk memecahkan rumusan masalah ke 2 yaitu tentang pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Hasil penelitian menggunakan uji SPSS menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan RME dan sesudah menggunakan RME hasil tersebut dapat dilihat dari pree test dan post test yang siswa kerjakan. Sedangkan hasil dari Uji Regresi Linier Sederhana menunjukkan bahwa didapatkan nilai Constant (a) sebesar 80,381 sedangkan nilai Skill (b/koe.fisie.n re.gre.si) sebesar 105 sehingga persamaan regresinya sebagai berikut: Y= 80,381(a) + 105 Hasil tersebut menunjukkan nilai signifikansi = 0.413 > 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa RME berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShilla, Rhischa AssabetUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Realistics Mathematics Education (RME), Berpikir Kritis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Nov 2024 02:42
Last Modified: 12 Nov 2024 02:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item