Dinda Tri, Wijayanti. (2021) Implementasi Pelayanan Prima Dalam Membangun Kepuasan Jamaah Oleh Seksi Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3617005-Bab1&5.pdf Download (1MB) |
|
Text
3617005-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Implementasi pelayanan prima dalam ibadah haji sangat penting untuk diperhatikan karena ibadah haji sangat membutuhkan tenaga dan harus dipikirkan dengan matang agar aktivitas tersebut berjalan secara efektif. Pelayanan prima merupakan konsep kepedulian kepada pelanggan dengan memberi pelayanan terbaiknya. Kepuasan jamaah tentang pelayanan menjadi indikator penting yang harus diperhatikan demi kelancaran dan kenyamanan jamaah dalam beribadah haji. Kementerian agama sebagai penyelenggara haji yang hidup dalam satu wadah yang perlu memenuhi tuntutan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bersifat jasa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi pelayanan prima dalam membangun kepuasan jamaah oleh seksi penyelenggara haji di Kementerian Agama Kabupaten Pemalang? (2) bagaimana kepuasan jamaah pada aspek pelayanan prima dengan kriteria kemampuan, tindakan, tanggung jawab, sikap, perhatian, dan penampilan di Kementerian Agama Kabupaten Pemalang?. Tujuan penelitian (1) untuk dapat mengetahui implementasi pelayanan prima dalam membangun kepuasan jamaah oleh seksi penyelenggara haji di Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. (2) untuk dapat mengetahui kepuasan jamaah pada aspek pelayanan prima dengan kriteria kemampuan, tindakan, tanggung jawab, sikap, perhatian, dan penampilan di Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pelayanan prima pada Kementerian Agama Kabupaten Pemalang sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan menteri agama republik indonesia tentang penyelenggara haji. Implementasi pelayanan prima pada Kementerian Agama Kabupaten Pemalang hal ini dapat dilihat dari Pelayanan dengan pendaftaran yang mudah, pembatalan, dan pelimpahan porsi yang sudah sesuai dengan SOP. Penyelenggara Haji dan umrah Kabupaten Pemalang juga memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada jamaah haji mereka puas dengan pelayanan prima dengan kriteria kemampuan, tindakan, sikap perhatian yang diberikan oleh Kementerian Agama kabupaten Pemalang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Prima, Kepuasan Jamaah Haji, Seksi Penyelenggara Haji Kementerian Agama | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:33 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11613 |
Actions (login required)
View Item |