Implementasi Manajemen Dakwah dalam Layanan Haji dan Umrah untuk Menarik Minat Jamaah di Alfairus Tours Kota Pekalongan

Nisa, Chaerotun., (2021) Implementasi Manajemen Dakwah dalam Layanan Haji dan Umrah untuk Menarik Minat Jamaah di Alfairus Tours Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3617004-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3617004-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang sangat diidam-idamkan setiap umat muslim. Ibadah haji dan umrah dapat berjalan dengan lancar karena adanya pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah dari berbagai pihak sehingga dapat melaksanakan ibadahnya dengan lancar, tertib dan aman. Dalam memberikan pelayanan kepada jamaah suatu biro haji umrah harus menerapkan manajemen dakwah dalam layanan yang diberikan karena dengan begitu jamaah dalam melaksanakan ibadah di Tanah suci akan merasa aman dan nyaman. Alfairus Tours merupakan salah satu biro perjalanan haji dan umrah di Pekalongan. Alfairus Tours mengutamakan kualitas layanan dengan memberikan fasilitas dan kenyamanan. Rumusan masalah ini adalah (1) Bagaimana implementasi manajemen dakwah dalam layanan haji dan umrah untuk menarik minat jamaah di Alfairus Tours Kota Pekalongan? (2) Bagaimana minat jamaah terhadap Alfairus Tours Kota Pekalongan?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui implementasi manajemen dakwah dalam layanan haji dan umrah untuk menarik minat jamaah di Alfairus Tours Kota Pekalongan (2) mengetahui minat jamaah terhadap Alfairus Tours Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah pengurus Alfairus Tours Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data/display data, kesimpulan/verifikasi Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Alfairus Tours Dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji umrah menerapkan komponen dakwah dan menjalankan fungsi manajemen dakwah. Fungsi manajemen dakwah yang diterapkan di Alfairus Tours yaitu takhtith (perencanaan dakwah) al-thanzim (pengorganisasian dakwah), tawjih (penggerakan dakwah), riqobah (pengendalian dan evaluasi dakwah). fungsi tersebut dapat mempengaruhi minat jamaah, karena dengan menerapkan manajemen dakwah yang baik maka layanan yang di berikan akan maksimal dengan begitu akan menarik minat jamaah untuk bergabung. (2) Minat jamaah terhadap AlFairus Tours termasuk tinggi karena jumlah jamaah yang semakin tahun semakin meningkat dan sampai sekarang menjadi biro haji umrah yang dipercaya masyarakat dalam urusan ibadah haji dan umrah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur,, Maskhur,UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Layanan haji umrah, Minat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:02
Last Modified: 12 Nov 2024 04:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11617

Actions (login required)

View Item View Item