Soidaliyah, soidaliyah (2017) Implementasi edutainment dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di taman kanak-kanak muslimat nu gembong kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (12MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Anak usia dini merupakan usia yang sangat kritis dimana sedang menjalani suatu proses pertumbuhan dan perkembangan bagi kehidupan selanjutnya. Masa ini disebut masa prasekolah. Mereka mulai belajar memisahkan diri dari keluarga dan orangtuanya untuk memasuki suatu lingkungan yang lebih luas yaitu lingkungan taman kanak-kanak. Namun seringkali terlihat dijumpai anak-anak yang rewel karena harus berpisah sementara waktu dengan orang tuanya. Dalam rangka mengembangkan kemandirian ini, pihak sekolah berusaha untuk menyajikan kegiatan pembelajaran dengan metode edutainment yakni memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis sehingga aktivitas pembelajaran berlangsung menyenangkan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahBagaimanakah kemandirian anak usia dini di TK Muslimat NU Gembong Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? Bagaimanakah implementasi edutainment Pendidikan Anak UsiaDini dalam mengembangkan kemandirian di TK Muslimat NU Gembong Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? Bagaimanakah peluang dan tantangan dalam mengimplementasikan edutainment yang berorientasi pada mengembangkan kemandirian anak-anak TK Muslimat NU Gembong Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubberman. Tehnik analisis data ini menggunakan trianggulasi data, untuk mengarahkan peneliti agar di dalam mengumpulkan data menggunakan berbagai sumber data yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan edutainment untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini sudah sesuai dengan misi dan tujuan pendidikan Taman Kanak-kanak Muslimat NU Gembong yaitu membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik fisik dan psikis yang meliputi moral dan nilai–nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar. Implementasi edutainment dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini: memiliki kepercayaan pada diri sendiri, memiliki motivasi instrinsik yang tinggi, mampu dan berani menetukan pilihan sendiri, kreatif dan inovatif, bertanggung jawab menerima konsekuensi yang menjadi pilihannya, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta tidak tergantung pada orang lain. Early childhood is a critical age which is passing through a process of growth and development for the next life. This period is called the preschool years. They began learning to separate themselves from the family and his parents to enter into a broader environment ie kindergarten environments. But often seen encountered children who are fussy having to part temporarily with his parents. In order to develop this independence, the school seeks to present learning activities with edutainment method that combines education and entertainment contents in harmony so that the learning activities fun. The problem of this research is How the independence of younger children in TK Muslimat NU Gembong Kedungwuni District of Pekalongan? How edutainment implementation of Early Childhood Education in developing self-reliance in TK Muslimat NU Gembong Kedungwuni District of Pekalongan? How are the opportunities and challenges in implementing the edutainment oriented to develop independence in children TK Muslimat NU Gembong Kedungwuni District of Pekalongan District ?. This study uses qualitative descriptive research and field reseach (fieldwork). Data were collected through observation, documentation wawancara. Technical analysis of research data using the model of Miles and Hubberman. Technical analysis of this data using triangulation data, to direct the researcher to be in collecting data using a variety of available data sources. The results showed that the implementation of edutainment to develop independence early childhood are in accordance with the mission and educational purposes kindergarten Muslimat NUGembong is to help students develop a range of both physical and psychological potentials which include moral and religious-value, social emotional, cognitive , language, physical motor skills, self-reliance and art to be ready to enter primary education. Implementation of edutainment to develop independence in early childhood: to have confidence in yourself, have a motivation intrinsic high, capable and courageous determine the our own choice , creative and innovative, responsible for accepting the consequences that an option, able to adapt to the environment and does not depend on the other.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Edutainment, Kemandirian, Anak Usia Dini | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2020 03:36 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1164 |
Actions (login required)
View Item |