Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Pada Peserta Didik Smp Negeri 6 Pekalongan

Handayani, Fitri (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Pada Peserta Didik Smp Negeri 6 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5220044_Cover_Bab I dan Bab VII.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5220044_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Marak fenomena kasus kenakalan remaja yang sangat memprihatinkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya kasus-kasus kenakalan remaja terjadi di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Melihat maraknya fenomena tersebut, tentu saja para remaja perlu adanya bimbingan akhlak dari orang yang lebih dewasa, seperti guru. Guru pendidikan agama Islam memainkan peran penting dalam pembinaan akhlak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas akhlak peserta didik SMP Negeri 6 Pekalongan dan untuk menganalisis stratregi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak pada peserta didik SMP Negeri 6 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data tersebut diolah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realitas akhlak peserta didik SMP Negeri 6 Pekalongan sudah baik. Ini dibuktikan dari akhlak yang ditunjukkan peserta didik, yaitu akhlak kepada Allah swt seperti, melaksanakan tadarus pagi, shalat dhuha, dan shalat dzuhur berjamaah. Akhlak kepada sesama mereka tunjukan dengan berperilaku sopan dan santun kepada guru, peduli terhadap teman, dll. Kemudian akhlak kepada lingkungan ditunjukkan dengan selalu menjaga dan merawat kebersihan lingkungan sekolah. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik dilakukan melalui beberapa strategi, yaitu keteladanan, pembiasaan, perhatian, nasihat, dan hukuman. Hal ini sejalan dengan yang ditemukan oleh Farhan dalam jurnalnya bahwa memberikan pembinaan akhlak dapat dilakukan melalui keteladanan, pembiasaan, perhatian dan nasihat. Guru pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam pembinaan akhlak peserta didik baik ketika pembelajaran maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSholehuddin, Sugeng197301122000031001UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSusminingsih, Susminingsih197502111998032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:42
Last Modified: 14 Nov 2024 03:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11669

Actions (login required)

View Item View Item