Nafidha, Nafidha (2024) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Melalui Model Flipped classroom Berbasis Etnomatematika di SMP Negeri 3 Kesesi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2621013_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (523kB) |
|
Text
2621013_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
19 LAMPIRAN(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah memiliki peran penting dalam matematika, bukan saja bagi mereka yang dikemudian hari akan mendalami atau mempelajari matematika, melainkan juga bagi mereka yang akan menerapkannya dalam bidang studi lain dan dalam kehidupan sehari-hari. Matematika dapat digunakan untuk membantu pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari, khususnya terkait dengan budaya yaitu melalui etnomatematika di sekolah. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa adalah model pembelajaran flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran flipped classroom berbasis etnomatematika pada materi lingkaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kesesi, untuk menganalisis level kemandirian belajar dan level kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran flipped classroom berbasis etnomatematika pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 3 Kesesi, dan untuk menguji pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kesesi ditinjau dari kemandirian belajar melalui model pembelajaran flipped classroom berbasis etnomatematika pada materi lingkaran Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan berbentuk pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data berupa tes, dokumentasi dan kuisioner terhadap sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Kesesi yang berjumlah 45. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan adalah 45 siswa, yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 23 dan kelas kontrol sebanyak 22. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh. Adapun alat analisis yang digunakan adalah SPSS 26.0. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol ditunjukkan dari pengujian hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Serta t hitung 4,858 > t tabel 1,681. Penerapan flipped classroom berbasis etnomatematika memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Di dalamnya juga terdapat varian level pada tingkat kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jika pada kelas eksperimen, distribusi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa bervariasi dengan dominasi pada kategori nilai kurang dan baik. Sebaliknya, hasil post-test di kelas kontrol menunjukkan bahwa mayoritas siswa mengalami kesulitan yang lebih besar dalam pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian, Flipped classroom | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:26 | ||||||||
Last Modified: | 16 Dec 2024 07:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11686 |
Actions (login required)
View Item |