Sholikha, Mar’atus (2024) Pembentukan Karakter Nasionalisme Melalui Metode Bercerita Pada Peserta Didik Kelas III MI Miftakhul Huda Tunon Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319172_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (390kB) |
|
Text
2319172_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
Abstract
Saat ini dunia penidikan sudah semakin maju dan berkembang, dimana pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru akan tetapi peserta didiklah yang akan ikut serta aktif dalam kelas pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa kelas III di MI Miftakhul Huda Tunon mempunyai kemampuan memahami pelajaran dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena adanya beberapa materi yang memang disampaikan dengan menggunakan metode bercerita. Dari hal tersebut peneliti ingin menganalisis lebih mendalam lagi tentang hal-hal apa saja yang mempengaruhi siswa tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode bercerita sebagai pembentukan karakter nasionalisme pada peserta didik kelas III di MI Miftakhul Huda Tunon? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pembentukan karakter nasionalisme kelas III melalui metode bercerita di MI Miftakhul Huda Tunon?. Adapaun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan pelaksanaan metode bercerita sebagai pembentukan karakter nasionalisme pada peserta didik kelas III di MI Miftakhul Huda Tunon. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pembentukan karakter nasionalisme kelas III melalui metode bercerita di MI Miftakhul Huda Tunon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan jenis pendekatan naratif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles and Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter nasionalisme melalui metode bercerita mempunyai langkah-langkah dalam pelaksanaanya, yaitu: tahapan persiapan, tahapan pelaksana, tahap penutup. Adapun faktor pendukung nya ialah pembelajaran metode bercerita yang sudah diterapkan, dukungan dari kepala sekolah, dan dukungan dari fasilitas kelas. Sedangkan faktor penghambatan yang dihadapi yaitu kurangnya kesadaran siswa, dan pengaruh teman dari luar lingkungan sekolah. Dalam hal tersebut, salah satu upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan dan workshop-workshop yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun yang diselenggarakan sendiri ataupun lembaga pihak lain untuk para guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Karakter, Metode Bercerita, MI Miftakhul Huda Tunon | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2024 06:48 | ||||||||
Last Modified: | 20 Nov 2024 06:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11706 |
Actions (login required)
View Item |