Pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru pai terhadap motivasi belajar siswa kelas viii di SMP Negeri 4 Pekalongan

Ginanjar, Risqi (2018) Pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru pai terhadap motivasi belajar siswa kelas viii di SMP Negeri 4 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa merupakan salah satu indikator dari rendahnya kegiatan belajar siswa. Itu artinya dalam belajar siswa belum mengoptimalkan kegiatan belajarnya dan belum dapat belajar secara mandiri.Dengan adanya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru yang tinggi diharapkan mampu memberikan pembelajaran yang optimal untuk siswa dengan didukung lingkungan belajar yang mampu memberikan hal positif yang baik bagi para siswa sehingga akan mampu mewujudkan siswa yang unggul dengan pencapaian motivasi yang tinggi serta hasil yang memuaskan dalam sbelajar. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 4 Pekalongan ?. bagaimana pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 4 Pekalongan ?. Adakah pengaruh secara simultan antara kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 4 Pekalongan ?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field riset) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini 25% dari populasi siswa kelas VIII, yaitu 51 siswa. Teknik pengumpulan data, yang digunakan adalah metode observasi,dokumentasi dan angket/kuesionerserta analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah(1) Kompetensi pedagogik guru PAI berpengaruh positif secara signifikan terhadap motivasi belajarsiswa kelas VIII, Besarnya pengaruh dapat dilihat dari hasil koefisien determinasi (R)sebesar 22,2%. (2) kompetensi profesionalguru PAI berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajarsiswa kelas VIII. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari hasil koefisien determinasi (R) sebesar 12,3%.(3) Secara simultan ada pengaruh yang positif secara signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pekalongan. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari hasil koefisien determinasi (R) sebesar 61,5%.Nilai tersebut menunjukkan bahwa 61,5% hasil motivasi dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Sedanghkan sisanya 38,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:13
Last Modified: 14 Dec 2020 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item