Kurikulum Merdeka: Implementasi, Kebutuhan, Tantangan, Dan Solusi Di MI Tashwirul Afkar Pemalang

Khoeriyah, Siti (2024) Kurikulum Merdeka: Implementasi, Kebutuhan, Tantangan, Dan Solusi Di MI Tashwirul Afkar Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50322029_Cover_Bab I dan Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50322029_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
50322029_Lampiran.pdf

Download (219kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SITI KHOERIYAH, NIM. 50322029. 2023. KURIKULUM MERDEKA: IMPLEMENTASI, KEBUTUHAN, TANTANGAN, DAN SOLUSI DI MI TASHWIRUL AFKAR PEMALANG. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: (1) Dr. Nur Khasanah, M.Ag. (2) Dr. M. Ali Ghufron, M.Pd. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Kebutuhan,Tantangan, Solusi Latar belakang masalah ini menyoroti pentingnya transformasi pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah melalui penerapan Kurikulum Merdeka, yang dirancang untuk memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran sesuai kebutuhan lokal dan karakteristik siswa. Namun, implementasinya menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi internal seperti keterbatasan sumber daya, keterampilan guru, dan kebutuhan analisis mendalam, maupun dari segi eksternal seperti regulasi pemerintah dan persepsi masyarakat. Proses analisis kebutuhan menjadi esensial untuk memastikan pembelajaran berjalan efektif, terutama dalam mengatasi isu literasi dan numerasi yang masih rendah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, tantangan, dan solusi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MI Tashwirul Afkar Pemalang, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus untuk mendalami implementasi Kurikulum Merdeka di MI Tashwirul Afkar Pemalang. Subyek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data dan metode. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif analisis, mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mendalam tentang kebutuhan, tantangan, dan solusi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di lokasi tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Tashwirul Afkar menghadapi berbagai kebutuhan dan tantangan, termasuk pengembangan sumber daya manusia, penyediaan fasilitas, dukungan finansial, supervisi, serta partisipasi orang tua. Kebutuhan utama meliputi pelatihan guru, pembentukan tim kurikulum, pengadaan fasilitas belajar dan teknologi, serta peningkatan pemahaman orang tua. Tantangan meliputi keterbatasan infrastruktur, kesiapan guru, keterbatasan dana, dan supervisi terbatas. Solusi yang diusulkan mencakup pelatihan intensif, penggalangan dana, optimalisasi fasilitas, pengawasan rutin, dan peningkatan komunikasi dengan orang tua. Pendekatan ini bertujuan mendukung keberhasilan implementasi kurikulum melalui evaluasi berbasis proyek dan penguatan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGhufron, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Kebutuhan,Tantangan, Solusi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 06 Dec 2024 04:34
Last Modified: 06 Dec 2024 04:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item