Uyuni, Putri Qurrotul (2024) Implementasi model pembelajaran student teams achievement division (stad) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas viii di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2121290_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2121290_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2121290_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya suatu model pembelajaran dalam proses belajar, dalam hal ini perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang menarik serta mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, sehingga dalam proses belajar siswa tidak terkesan bosan dan kurang bersemangat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implemetasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Dan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian adapun teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Adapun teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam implementasinya terdapat beberapa tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam hal ini peserta didik menjadi lebih aktif dan interaktif dalam berkelompok dan berkomunikasi antarteman. Adapun kelebihannya yaitu pembelajaran menjadi lebih efisien waktu, mudah mengakses internet, memanfaatkan teknologi, serta menjadikan peserta didik lebih aktif dan mengurangi rasa bosan dalam pembelajaran. Dengan model pembelajaran STAD peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan interaksi sosialnya dengan teman, sehingga pembelajaran tidak terkesan membosankan yang mana hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan kekurangannya yaitu memerlukan waktu yang lebih lama dalam mempersiapkan proses belajar dengan model pembelajaran STAD serta dalam mengkondisikan kursi saat proses pembagian kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model Pembelajaran Student Teams Achievement (STAD), Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:55 | ||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11797 |
Actions (login required)
View Item |