Pramudita, Estu (2024) Pengaruh Gaya Hidup, Marketing Effect, Modernitas Individu Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4120182_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
4120182_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
4120182_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, marketing effect, modernitas individu dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif belanja online mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Fenomena belanja online pada zaman sekarang semakin meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital serta internet, khususnya pada kalangan mahasiswa. Mahasiswa merupakan bagian dari generasi digital yang memiliki kemudahan akses terhadap internet, dimana hampir setiap harinya dalam kegiatan apapun tidak dapat terlepas dari internet terutama dalam penggunaan platform belanja online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Metode analisi yang digunakan yaitu uji instrument (uji validitas, uji reliabilitas), uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas), dan uji hipotesis (uji T, uji F, uji koefisien determinasi). Data dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS Statistic 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) variabel gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online, dengan nilai t hitung (1,563) < t tabel (1,986). 2) variabel marketing effect berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online, dengan nilai t hitung (4,495) > t tabel (1,986). 3) variabel modernitas individu berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online, dengan nilai t hitung (2,111) > t tabel (1,986). 4) variabel kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online, dengan nilai t hitung (3,173) > t tabel (1,986). Kemudian secara simultan, gaya hidup, marketing effect,
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | gaya hidup, marketing effect, modernitas individu, kontrol diri dan perilaku konsumtif belanja online | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2024 08:10 | ||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2024 08:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11798 |
Actions (login required)
View Item |