Assof, Muhammad (2021) Analisis semiotik pada meme di fanspage meme dakwah Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURAHMAN WAHID.
Text
3417022 - bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
3417022 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
3417022 - lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Meme merupakan sebuah ilustrasi untuk mengekspresikan diri di media sosial dengan perpaduan antara gambar dan teks. Akan tetapi pada akun Meme Dakwah Islam menjadikan meme sebagai sarana berdakwah di media sosial yang tentunya ini sangat menarik untuk di teliti. Karena Kebanyakan orang sering menganggap meme merupakan postingan candaan atau hiburan, bahkan ada yang menjadikan meme sebagai bahan sindiran kepada orang lain. Maka karena hal tersebut penelitian ini akan membahas fenomena meme di akun Meme Dakwah Islam. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat dekduktif, dengan menggunakan teori simiotik Roland Barthes yang memuat model sistem dalam menganalisi sebuah makna, diantaranya makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos. Berdarkan hasil pengolahan data, penelitian ini memuat beragam makna yang ada pada postingan meme di akun Meme Dakwah Islam dimana kebanyakan ilustrasi mengangkat permasalahan agama di lingkungan masyarakat yang kadang jarang disadari, tetapi justru hal ini berpengaruh besar bagi kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini menghasilkan tiga makna. Yaitu secara isi meme merupakan sebuah pengingat kepada sesama agar selalu meningkatkan ibadah dan menerapkan nilai-nilai islam pada keseharian. Sedangkan untuk makna konotasinya adalah ingin menyampaikan bagaimanan mangatasi dengan bijak suatu permasalahan yang ada di masyarakat dengan menggunakan perspektif Islam, untuk makna mitos permasalahan yang terkadang dianggap sepele oleh kebanyakan masyarakat tentang agama, membuat lalai dan buta akan pentingnya menyikapi suatu permasalahan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Meme, Media Sosial, Dakwah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2024 07:29 | ||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2024 07:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11816 |
Actions (login required)
View Item |