Sari, Amalia (2022) Strategi dakwah dalam media tiktok (studi akun @syam_elmarusy). Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
3417016_Bab1&5.pdf Download (3MB) |
|
Text
3417016_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
3417016_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
Abstract
Upaya untuk mengajak orang lain ke arah Islam yang lebih baik merupakan hakekat dasar dilakukannya kegiatan dakwah, dengan tujuan untuk mengajak atau membawa orang lain mendapatkan kebahagian dan kesuksesan dunia dan akhirat, dengan cara mengikuti petunjuk Allah SWT dan melakukan amar ma’ruf fan nahi mungkar. Dakwah ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai media dakwah. Belum lama ini mucul inovasi baru dalam penggunaan media dakwah yaitu melalui konten video yang berisikan video dakwah pendek melalui aplikasi Tiktok. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengkaji salah satu akun Tiktok yaitu @syam_elmarusy karena video konten tersebut diindikasi mengandung strategi dakwah yang unik dan menyetuh hati mad’u. Peneliti memilih untuk meneliti konten video akun Tiktok @syam_elmarusy karena ingin mengetahui strategi dakwah yang digunakan sehingga dakwah bisa diterima dengan baik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dengan mengambil mengambil sampel menggunakan random sampling non probability sampling sistematis dengan jumlah like terbanyak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Komunikasi milik Laswell dengan strategi komunikasi diklasifikasikan berdasarkan komponen komunikasi yaitu, strategi komunikasi da’i, mad’u, pesan, media dan efek. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Ustadz Syam selaku da’i sangat representatif untuk menyampaikan pesan dakwah. Strategi komunikasi yang berkaitan dengan mad’u ialah terkualifikasi menjadi 2, muslim dan non muslim. Strategi komunikasi yang berkaitan dengan pesan ialah pesan yang memiliki durasi panjang dan menggunakan pengulangan lebih dari 3 kali bertujuan agar pesan yang disampaikan jelas dan bisa dipahami oleh mad’u. Strategi komunikasi yang berkaitan dengan media, Ustadz Syam menggunakan Tiktok dengan durasi video 15 detik sampai 3 menit dan memanfaatkan fitur stich. Strategi komunikasi yang berakitan dengan efek ialah dimaksudkan untuk mempersuasi mad’u agar memberikan perubahan dan efek informatif serta edukatif tentang ilmu agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Dakwah, Tiktok, Strategi Dakwah, Teori Laswell | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2024 07:54 | ||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2024 07:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11820 |
Actions (login required)
View Item |