Aldar, Irkham Farid (2023) Strategi dakwahtainment melalui aplikasi tiktok (Studi Netnografi Akun Tiktok @Okisetianadewi_Official). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURAHMAN WAHID.
Text
3417043_Bab1&5.pdf Download (4MB) |
|
Text
3417043_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
3417043_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dan hadirnya sosial media yang menjadi salah satu wadah menerima dan menyebar informasi sehingga terjadilah pergeseran cara mengetahui, membaca dan berbagi cerita. Dalam sejarah perkembangan dunia IPTEK mengharuskan sesuatu yang ada media elektronik juga harus ada di media internet, diantaranya sosial media seperti instagram, facebook, youtube, TikTok dan sebagainya. Tentunya menjadi suatu tantangan baru bagi para da‟i-da‟i yang biasanya menyampaikan dakwah secara tradisional yakni dari tempat satu ke tempat yang lain. Kemudian para da‟i harus beradaptasi dengan perkembangan zaman yakni dengan menggunakan media sosial untuk berdakwah yang dikemas dalam bentuk hiburan atau yang dapat disebut sebagai dakwahtainment. Strategi dakwahtainment yang digunakan Oki Setiana Dewi melalui aplikasi TikTok. Penelitian ini menggunakan TikTok sebagai field (daerah penelitian) dan akun @okisetianadewi_official sebagai komunitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan studi netnografi dan data dianalisis menggunakan analisis strategi dakwah Al-Bayanuni. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi dakwahtainment pada akun TikTok @okisetianadewi_official, apa saja isi pesan dakwah pada akun TikTok @okisetianadewi_official. Selain itu untuk mengetahui bagaimana interaksi budaya yang terbentuk di dalamnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan kegiatan dakwahtainmentnya, Oki Setiana Dewi menggunakan strategi dakwah yang dicetuskan oleh Al-bayanuni, diantaranya strategi sentimental, strategi rasional dan strategi indrawi. Oki selaku da‟i sangat representatif dalam menyampaikan pesan dakwah. Isi pesan dakwah Oki, diantaranya pesan akidah berupa meyakini bahwa Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya, pesan syariah berupa dalam keadaan suka maupun duka tetap bertaqwa kepada Allah SWT, pesan akhlak berupa berserah diri kepada Allah dan mengingat kebesaran-Nya saat mendapat ujian. Budaya yang terbentuk dalam dakwah Oki yakni interaksi yang saling mendukung, mengingatkan antar anggota komunitas dan saling mendo‟akan agar bisa memperbaiki diri, sehingga membentuk pribadi yang lebih baik. Hal ini menunjukan bahwa respon masyarakat terhadap konten Oki cenderung positif dengan banyak komentar yang mengapresiasi nilai-nilai positif dalam kontennya. Namun, dengan adanya kekuatan dan peluang yang ada, terdapat pula kelemahan dan ancaman yang harus diperhatikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwahtainment, Netnografi, Tiktok | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2024 01:22 | ||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2024 01:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11827 |
Actions (login required)
View Item |