Al-Ghifari, Muhammad Rifki (2021) Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki Dalam Channel Youtube Hanan Attaki (Studi Kasus Booster Playlist). Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
2042116023_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
2042116023_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2042116023_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rifki Al-Ghifari, Muhammad. 2021. Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki Dalam Channel Youtube Hanan Attaki Studi Kasus Booster Playlist. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Teddy Dyatmika, M.I.Kom Kata Kunci: Analisis Isi Pesan Dakwah, Youtube, Ustadz Hanan Attaki Dakwah merupakan kegiatan umat Islam dalam rangka mengajak, menyeru, memanggil, serta menyampaikan pesan-pesan kebaikan agama Islam dengan tujuan selalu mengingat kebesaran Allah SWT sebagai Sang Pencipta alam semesta serta menjadi manusia yang selalu taat pada perintah Allah SWT dan mejauhi segala larangan-Nya. Perkembangan zaman turut mempengaruhi proses dan cara umat Islam dalam menyampaikan dakwah serta mengamalkan pesan-pesannya di kehidupan sehari-hari. Baik itu dakwah dengan cara disampaikannya dalam setiap pengajian ataupun khotbah jum’at ataupun menggunakan cara-cara yang melalui media-media sosial yang ada di zaman ini. Kemajuan tekhnologi yang tersedia ikut mendukung proses menyebarkan pesanpesan dakwah kepada masyarakat umum. Dengan menggunakan media sosial, yaitu memanfaatkan fitur yang tersedia, yakni streaming atau siaran langsung atau menyaksikan video yang di upload di media sosial membantu para da’i dalam menyebarkan pesan-pesan dakwah kepada masyarakat tanpa perlu datang secara langsung setiap kegiatan pengajian. Penelitian ini dilaksanakan dengan bermaksud menggali informasi dalam proses kegiatan penyampaian pesan-pesan dakwah oleh channel youtube Hanan Attaki, adapun informasi yang akan dicari ialah pesanpesan dakwah apakah yang ada dan pesan apakah yang paling dominan dalam channel youtube nya, terutama pada bagian booster playlist. Rumusan masalah yang penulis angkat adalah apa saja isi pesan-pesan dakwah yang ada dalam channel youtube milik Ustadz Hanan Attaki, adapun dalam studi kasusnya ialah booster playlist dan bagaimana analisis isi dalam pesan dakwah Ustadz Hanan Attaki dalam video booster playlist channel youtube nya. Hal tersebut bertujuan untuk memahami pesan-pesan dakwah apa saja kah yang ada dalam channel youtube nya dan mengetahui bagaimana analisis isi dalam pesan dakwah Ustadz Hanan Attaki dalam video booster playlist channel youtube miliknya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berisikan pesan-pesan dakwah, adapun kuesioner diberikan kepada tiga juri yang memiliki kompetensi dalam bidang dakwah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengacu pada metode R. Hostly yaitu analisis data dengan menghitung persamaan pada poin-poin yang ada pada masing kuesioner dari ketiga juri, selanjutnya dihitung dengan menggunakan rumus-rumus R. Hostly, kemudian dari hasil tersebut maka ditentukan reliabilitasnya dengan mengacu pada ketentuan rumus R. Hostly yaitu 0,7 atau 70%
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Isi Pesan Dakwah, Youtube, Ustadz Hanan Attaki | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2024 07:41 | ||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2024 07:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11860 |
Actions (login required)
View Item |