Manajemen Pelayanan Haji dan Umrah di Biro Perjalanan Haji dan Umrah Al-Fairus Pekalongan

Pramusita, Alvi (2021) Manajemen Pelayanan Haji dan Umrah di Biro Perjalanan Haji dan Umrah Al-Fairus Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3617001-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3617001-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Haji merupakan salah satu rukun islam yang diwajibkan atas setiap muslim yang mampu. Kegiatan ibadah haji dan umrah mempunyai sisi yang harus diperhatikan dalam pelaksanaannya yaitu standar pelaksanaanya saat masih di tanah air dan pelayanan saat berada di tanah suci. Tanpa adanya manajemen, tujuan pelaksanaan ibadah haji dan umrah tidak dapat diwujudkan secara optimal, efektif, dan efisien.. Manajemen dan pelayanan yang baik diantaranya mengenai manajemen administrasi, akomodasi, transportasi, konsumsi, serta kesehatan. Masalah yang penulis kembali temukan adalah terkait dengan penundaan keberangkatan jamaah, serta tambahan biaya haji dan umrah dari harga yang telah ditentukan, pembatalan keberangkatan jamaah dan dananya hilang dan lain lain kerap terjadi. Berdasarkan latar belakang di atas maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana manajemen pelayanan Haji & Umrah di Biro perjalan haji dan umrah Al- Fairus serta faktor mendukung & menghambat Biro perjalanan haji dan umrah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan melalui pendekatan teori Bogdan dan Taylor, jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) peneliti mengamati langsung objek penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik induktif yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, verivikasi data, dan pengambilan kesimpulan. Pelayanan haji dan umrah di Al-Fairus Tour & Travel pekalongan sudah cukup baik karena pada pelaksanaanya telah diterapkan sesuai dengan teori dan praktek dan sudah cukup maksimal terhadap jama’ah dengan memfasilitasi secara professional baik di Tanah Air seperti kesopanan, kerapihan dan keprofesionalan karyawan melayani para calon jama’ah ketika baru akan mendaftarkan diri maupun ketika di Tanah Suci, dalam hal pelayanan Al-Fairus Tour & Travel secara administratif bekerjasama dengan baik dengan pihak-pihak yang mendukung memberangkatkan ibadah haji seperti akomodasi dalam pengaturan tempat yang memadai fasilitas penginapan tersebut berbintang empat dan lima yang dilengkapi dengan menu makanan khas Indonesia, dikarenakan pihak Al�Fairus Tour & Travel melihat situasi dan kondisi yang ada.. Faktor yang mendukung pelayanan kepada jama’ah adalah fasilitas-fasilitas yang diberikan kepada jama’ah seperti jenis hotel berbintang empat atau lima, pesawat yang tidak melakukan transit, adanya dokter yang mendampingi jama’ah .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMazaya, VikyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen , Pelayanan, Biro Haji,Haji dan Umrah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 12 Dec 2024 03:46
Last Modified: 12 Dec 2024 03:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item View Item