Iskandar, Nur (2021) Semiotika Komunikasi Dakwah Pada Akun Tiktok @Amaljariah.Ku. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
Text
3417048 -Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
3417048 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
3417048 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
Abstract
Dakwah melalui media sosial mempunyai peluang besar diminati milenial yang cenderung menyukai segala sesuatu yang berbau digital. Tiktok bisa berpotensi menjadi media dakwah untuk membumikan nilai-nilai keislaman yang dikemas secara modern, dengan cara menyajikan postingan yang berbau islami seperti ceramah Ustadz, nasehat islami dan lainya seperti yang dilakukan oleh akun Tiktok @amaljariah.ku. Berdasarkan latar belakang diatas maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa semiotika komunikasi dakwah yang ada pada akun Tiktok @amaljariah.ku. Menggunakan metode penelitian field research, dan melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam menganalisis data, penulis melakukan pengumpulan data terlebih dahulu, kemudian penulis akan memilih 10 postingan yang ada pada akun Tiktok @amaljariah,ku menngunakan Purposive Sampling, kemudian dari data tersebut penulis analisis menggunakan Semiotika Charles Sanders Peirce, yang kemudian penulis dapat menarik kesimpulan dari analisis tersebut. Dari hasil 10 sampel postingan yang diteliti, nasehat yang dinarasikan oleh Risma yang ada pada potingan akun Tiktok @amaljariah.ku berfungsi sebagai representasi atau tanda. Objeknya adalah apa yang ditampilkan pada postingan tersebut. Selanjutnya terdapat intepretan yang merupakan makna dari postingan tersebut yang muncul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Komunikasi Dakwah, Tiktok. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2024 07:03 | ||||||||
Last Modified: | 12 Dec 2024 07:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11882 |
Actions (login required)
View Item |