Dakwah dan New Media: Pengemasan Dakwah Melalui Media Sosial Tiktok di Akun @umar.elrozy

Susiana, Ika (2022) Dakwah dan New Media: Pengemasan Dakwah Melalui Media Sosial Tiktok di Akun @umar.elrozy. Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3418016_Bab1&5.pdf

Download (6MB)
[img] Text
3418016_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
3418016_lampiran.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Hadirnya new media membawa pengaruh pada pemahaman khalayak tentang dakwah Islam pada era digital saat ini khususnya Tiktok. New media juga telah membuka berbagai ruang diskusi, pengalaman spiritual, dan proses pencarian pengetahuan yang membuat fenomena munculnya pendakwah newbie yang tentunya dikenal secara luas di dunia maya dengan memiliki followers, like, dan juga jumlah penonton yang banyak. Keberhasilan suatu konten dalam menarik orang untuk mengikuti dan menonton tidak lepas dari proses pengemasan konten dakwah yang berkualitas. Dari permasalahan tersebut, menjadikan para pendakwah berlomba-lomba untuk melakukan dakwahnya dengan disertai pengemasan yang menarik. Dikatakan menarik karena konten yang dilihat oleh orang-orang tentunya membutuhkan beberapa proses, waktu dan tenaga yang dilakukan. Pendakwah, mampu membuat konten yang terdiri dari beberapa tahapan proses yakni pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis pengemasan dakwah yang dilakukan oleh akun Tiktok @umar.elrozy. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research) dimana peneliti melakukan pengamatan visual langsung pada akun Tiktok @umar.elrozy. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam menganalisis data, penulis melakukan analisis menggunakan analisis data Miles dan Huberman dengan model interaktif yang kemudian penulis dapat menarik kesimpulan setelah terkumpulnya data-data. Hasil dari penelitian ini terkait pengemasan dakwah yang dilakukan oleh akun Tiktok @umar.elrozy mencakup tahap pra produksi berupa perencanaan ide/tema konten dakwah dan penulisan poin-poin yang penting. Tahap produksi yang meliputi persiapan ide/tema, persiapan alat-alat yang digunakan untuk merekam video, dan proses recording. Tahap pasca produksi yakni penyuntingan berupa editing video, penyuntingan pada saat proses pengunggahan video pada media sosial, serta evaluasi yang dilakukan oleh Umar Elrozy. Kemudian terkait hasil analisis yang dilakukan dan dikaitkan dengan pengelolaan pada media sosial menggunakan Teori Circular Model of Some yakni terdiri dari share (berbagi), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (terlibat).

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurani, ShintaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: New Media, Pengemasan Dakwah, Tiktok.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 12 Dec 2024 07:55
Last Modified: 12 Dec 2024 07:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11887

Actions (login required)

View Item View Item