Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Sekolah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Smp Islam Rembun

khaq, Mokhamad Ghulam Ainul (2024) Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Sekolah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Smp Islam Rembun. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120227_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120227_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2120227_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/#

Abstract

Pendidikan merupakan suatu aspek terpenting dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya pendidikan, potensi dan bakat dalam diri seseorang dapat ditumbuh kembangkan. Pendidikan sendiri adalah suatu usaha dalam mengembangkan potensi diri dengan melalui proses pembelajaran. Dengan meneliti pengaruh sarana prasarana terhadap kecerdasan spiritual, diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kecerdasan spiritual seseorang. Melihat dari latar belakang permasalahan, muncul beberapa rumusan masalah antara lain pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah, kecerdasan spiritual siswa, serta apakah terdapat pengaruh antara pemanfaatan sarana prasaran sekolah terhadap kecerdasan spiritual siswa. Peneliti berharap dari penelitian ini bisa mencari jawaban mengenai rumusan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Metode asosiatif yaitu metode yang hasil penelitiannya dipaparkan dan digambarkan melalui pengarahan suatu pemecahan permasalahan. Untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Islam Rembun menggunakan analisis korelasi dalam perhitungannya. Kemudian hasil data yang didapatkan dari pendekatan kuantitatif ini dituangkan dalam bentuk angka yang melalui perhitungan statistik. Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah di SMP Islam Rembun termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 96,58. Kecerdasan spiritual siswa kelas IX di SMP Islam Rembun termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 72,93. Serta korelasi antara kecerdasan spiritual siswa dengan pemanfaatan sarana dan prasarana besar nilai signifikannya yaitu 0,386. Tanda positif pada nilai tersebut menunjukkan makna searah. Sehingga apabila semakin tinggi kecerdasan spiritual siswa, maka pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah juga akan mengikuti menjadi semakin tinggi.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah dengan kecerdasan spiritual siswa kelas IX di SMP Islam Rembun.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Sarana dan Prasarana, Kecerdasan Spiritual
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:19
Last Modified: 23 Dec 2024 04:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item View Item