Makna Dakwah Dalam Iklan Pembersih Lantai Dan Pencuci Piring “Sahaja” (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes)

Putri, Dinda Oktaviana (2021) Makna Dakwah Dalam Iklan Pembersih Lantai Dan Pencuci Piring “Sahaja” (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3417098_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3417098_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3417098_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Dakwah melalui iklan merupakan sebuah inovasi metode baru dalam berdakwah. Perkembangan zaman menuntut para pelaku dakwah menyesuaikan metode berdakwahnya. iklan menjadi metode yang cukup efektif untuk penyebaran dakwah Islam, dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Maka dari itu hal tersebut berpeluang mememudah cara dalam berdakwah, yaitu dengan menayangkan iklan yang mengandung unsur dakwah. Seperti iklan pembersih lantai dan pencuci piring dari Sahaja yang dikemas dengan menyisipkan nilai dakwah dalam iklan. Berdasarkan latar belakang diatas maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna dakwah dalam iklan Sahaja. Dalam mengetahui makna dakwah tersebut penulis menganalisis scene-scene yang mengandung makna dakwah dengan menggunakan pendekatan semiotika milik Roland Barthes, yaitu dengan mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam iklan Sahaja. Menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) peneliti mengamati langsung objek penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam menganalisis data, penulis melakukan pengumpulan data terlebih dahulu. Kemudian, penulis mengklasifikasikan data yang mengandung makna dakwah, dari data tersebut penulis menganalisis dengan semiotika roland barthes, sehingga penulis dapat menarik kesimpulan dari analisis tersebut. Hasil penelitian menunjukkan makna denotasi yang terkandung dalam iklan Sahaja menggambarkan keluarga kecil yang tampak bahagia setelah melakukan ibadah disebuah ruangan yang bersih dan nyaman. Makna konotasinya yaitu bahwa menjaga kebersihan dapat meningkatkan kualitas amal ibadah serta membawa keberkahan, iklan ini juga ingin menyampaikan pesan bahwa rumah yang bersih dan nyaman diibaratkan seperti kehidupan di Surga yang bahagia. Makna mitos yang terkandung yaitu bahwa niat baik akan berbuah baik dengan selalu menjaga kebersihan rumah, karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Iklan Sahaja juga mengandung pesan dakwah akidah, syariah dan akhlak. Namun pada penelitian ini pesan dakwah yang lebih dominan dalam iklan sahaja adalah pesan Akidah yaitu keimanan kepada Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDyatmika, TeddyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Makna Dakwah, Semiotika, Sahaja.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 13 Dec 2024 04:11
Last Modified: 13 Dec 2024 04:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11905

Actions (login required)

View Item View Item