Fatmasari, Shinta (2024) Pengaruh Spiritual Quotient (Sq) Terhadap Perkembangan Holistik Peserta Didik Di Smp N 3 Sragi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120013_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120013_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text
2120013_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya penurunan moral pada peserta menjadi problem yang harus diberikan perhatian khusus oleh lembaga pendidikan khususnya pada peserta didik yang baru memasuki masa usia remaja, masa remaja sering disebut sebagai masa pencarian jati diri oleh karena itu biasanya anak remaja akan mencoba hal-hal baru tanpa berpikir tentang dampak yang akan terjadi ke depannya. Adanya kecerdasan juga dapat menanggulangi krisis moral pada remaja yang sering terjadi, karena peserta didik yang memiliki kecerdasan khususnya kecerdasan spiritual (SQ) mampu menyadarkan jiwa sepenuhnya sehingga akan memperoleh ketenangan hati, dan menciptakan pemikiran optimal sehingga akan lebih tepat dalam mengambil keputusan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat Spiritual Quotient (SQ) peserta didik di SMP N 3 Sragi. 2) Bagaimana tingkat perkembangan holistik peserta didik di SMP N 3 Sragi. 3) Bagaimana pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap perkembangan holistik peserta didik di SMP N 3 Sragi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Spiritual Quotient (SQ) dan perkembangan holistik peserta didik serta mengetahui bagaimana pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap perkembangan holistik peserta didik di SMP N 3 Sragi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Peneliti melakukan tiga teknik analisis data yaitu uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas kemudian uji statistik menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis). Uji normalitas dan uji linearitas digunakan untuk menjawab rumusan masalah no 1 dan 2, sedangkan uji hipotesis digunakan untuk menjawab rumusan masalah no 3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Spiritual Quotient (SQ), Perkembangan Holistik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:58 | ||||||||
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11930 |
Actions (login required)
View Item |