Persepsi Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan Tentang Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Modern

Mauliah, Riski (2021) Persepsi Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan Tentang Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Modern. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3417121_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3417121_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
3417121_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Seorang Da’i dalam berdakwah hendaknya harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Da’i zaman sekarang banyak menggunakan media untuk berdakwah seperti, internet, instagram, facebook dan yang sedang ramai saat ini yaitu tiktok. Padahal tak jarang orang memandang tiktok ini sebagai aplikasi negatif bahkan sempat di blokir kominfo karena konten negatifnya. Namun, sebagian orang memanfaatkan tiktok untuk hal positif yaitu untuk menyabar kebaikan dengan membuat konten dakwah melalui aplikasi tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang tiktok yang dijadikan media dakwah. Persepsi berarti proses pemberian makna kepada stimulus yang diterima. Dalam hal ini, stimulusnya yitu konten dakwah yang ada di aplikasi tiktok. Teori yang digunakan dalam penelitan adalah teori Uses And Gratifiation. Inti dari teori ini yaitu dimana khalayak mengkonsumsi media karena motif-motif atau harapan-harapan tertentu. Jika motif tersebut terpenuhi berarti media memberikan kepuasan kepada khalayak dan bisa disebut media yang aktif. Konsep utama teori ini adalah pratification Sought (Motif) dan Gratification Obtained (Kepuasan). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode observasi dan angket untuk pengumpulan datanya. Sampel yang digunakan yaitu mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dengan teknik pengambilan sampel stratifield sampling. Pengolahan data penelitian ini menggunakan program Ms. Excel dan program SPSS 16. Hasil dari pengolahan data di deskripsikan rata-rata setiap motif dan kepuasan yang didapat. Selanjutnya untuk mengutkan deskripsi tersebut data diuji kembali dengan uji beda rata-rata yaitu uji paired t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan dakwah IAIN Pekalongan terhadap konten dakwah di aplikasi tiktok sangat tinggi. Terbukti dari keempat motif pencarian kepuasan hanya satu motif saja yang tidak terpenuhi yaitu motif hubungan personal. Dengan demikian, penulis berharap kedepannya konten dakwah yang ada ditiktok lebih kreatif lagi agar mampu memenuhi semua motif pencarian kepuasan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, Muhammad RikzamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tiktok, Persepsi, Motif dan Kepuasan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:02
Last Modified: 16 Dec 2024 02:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item View Item