Yahya, Muhammad Helmi (2020) Pola Komunikasi Buletin Atsar di MAS Simbang Kulon Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
Text
2042115002-Bab1&5.pdf Download (3MB) |
|
Text
2042115002 -Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2042115002-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Salah satu media komunikasi yang saat ini masih bertahan dalam proses penyampaian pesan dakwah adalah media massa cetak. Media massa cetak merupakan media komunikasi dimana pesan yang disampaikan berbentuk verbal (tertulis) baik itu berbentuk tulisan maupun dalam bentuk gambar seperti karikatur dan komik yang dituangkan dalam bentuk tercetak. Proses dakwah berbanding lurus dengan proses komunikasi, yang mana keduanya hampir memiliki kesamaan komponen. Dalam menjalankan sebuah proses komunikasi perlu adanya pola untuk mendukung keberhasilan dalam penyampaian informasi. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti melakukan penelitian di MAS Simbang Kulon dengan mengambil Buletin Atsar sebagai objek penelitian. Adapun rumusan masalahnya, yakni: 1. Bagaimana pola komunikasi buletin Atsar di MAS Simbang Kulon Pekalongan? 2. Apa pesan dakwah yang terdapat dalam buletin Atsar?. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui pola komunikasi buletin Atsar di MAS Simbang Kulon Pekalongan dan untuk mengetahui apa pesan dakwah yang terkandung dalam buletin Atsar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan buletin Atsar serta pesan dakwah yang terkandung didalamnya. Peneliti melakukan penelitian pustaka (library research) dengan teknik analisis isi dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu buletin Atsar. Adapun sumber data skundernya yaitu arsip dari buletin Atsar dan buku-buku yang relevan. Dari hasil penelitian, kesimpulan yang didapat oleh peneliti yaitu penelitian ini menggunakan pola komunikasi satu arah dan pola komunikasi dua arah. Adapun pesan dakwah yang terkandung dalam media dakwah cetak yaitu pesan aqidah, pesan syari’ah dan pesan akhlaq.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Pesan Dakwah, Media Dakwa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:55 | ||||||||
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11951 |
Actions (login required)
View Item |