Strategi Komunikasi Dakwah Grup Musik Suma Budhaya

Ulum, Muhammad Miftakhul (2022) Strategi Komunikasi Dakwah Grup Musik Suma Budhaya. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2042116033 _bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2042116033 _Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2042116033 _Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Dakwah merupakan aktivitas yang mengajak, menyeru serta memanggil manusia untuk taat dan beriman kepada Allah sesuai dengan suatu garis syari’at, akhlak dan aqidah agama Islam. Kegitan ini yang menjadikan umat manusia lebih berinteraksi serta dekat dengan tuhan, alam dan lingkungan. Segala sesuatu jenis hubungan yang dimaksud telah menjadi sebuah realita dalam kehidupan manusia. Ada banyak cara untuk menuju proses dalam interaksi tersebut namun tentu saja dengan ketentuan-ketentuan dalam proses pengerjaannya dengan cara yang bijaksana dan arif. Sebab untuk mencapai suatu tujuan dakwah tersebut tidak dapat dapat ditempuh dalam satu arah yang sama. Seperti halnya berbagai media, ruang, dan dimensi dapat saja dijadikan sebagai arah secara umum dalam menyampaikan dakwah. Seperti halnya grup musik Suma Budhaya Kota Pekalongan yang menjadikan dakwah sebagai strategi komunikasinya dalam menyebarkan pesan- pesan kebaikan melalui karya-karya yang tertuang dalam seni musik. Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi komunikasi dakwah grup musik Suma Budhaya di Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi dakwah dari grup musik Suma Budhaya di Pekalongan. Kegunaan penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan mampu menambah keilmuan dalam dunia komunikasi dan penyiaran islam, khususnya mengenai strategi serta penggunaan media komunikasi dalam berdakwah serta menambah wawasan bagi pembelajaran mahasiswa. Sedangkan secara praktis, penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan atau masukan bagi pihak Grup Musik Suma Budhaya serta menjadi referensi bagi penelitian lainnya yang sejenis. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun tempat dan waktu penelitian yaitu di studio rekaman Suma Budhaya di Pekalongan dan dilaksanakan mulai bulan September sampai bulan November 2021. Karena Jenis penelitiannya adalah Observasi maka sampelnya adalah semua pihak dari Grup Musik Suma Budhaya dan masyarakat yang mengikuti aktivitas dan progam kerja dari grup musik Suma Budhaya. Sumber data penelitian ini adalah dari data primer (berasal dari sumber pertama atau the first hand) dan data sekunder (kumpulan observasi dan referensi-referensi yang bersinggungan dengan objek). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil: Strategi Komunikasi Dakwah Grup Musik Suma Budhaya Di Pekalongan yaitu dengan bermula dari manajemen dan perencanaan yang dibuat grup musik Suma Budhaya untuk menunjang proses dakwahnya dengan pengamatan oleh Suma Budhaya mengenai fenomena zaman sekarang yang notabene masyarakat lebih menyukai musik modern, lalu grup mempunyai inisiatif untuk menggabungkan seni musik dengan dakwah yang melahirkan karya lagu-lagu bermuatan dakwah yang kemudian dikemas rapi di studio rekaman lalu dipasarkan ke publik dan langkah terakhir adalah mengadakan pertunjukan keliling di dalam kota maupun luar kota sembari membawakan lagu-lagunya yang di syi’arkan kepada masyarakat atau penonton yang dapat menimbulkan respon, dampak, atau efek dari Suma Budhaya dan juga sasarannya sebagai bahan evaluasi masing- masing. Dalam manajemen dan perencanaan strategi komunikasi dakwah grup musik Suma Budhaya sendiri juga terdapat aspek atau teori-teori komunikasi dari Harold D. Laswell seperti (Who, Says What, In Which Channel, To Whom, With What Effect) yang telah dijelaskan pada bab 2, di implementasikan ke dalam data di bab 3 serta di analisa di bab 4 agar hasil penelitian dapat menjawab rumusan masalah yang akan di jelaskan sebagai berikut : (1) Aktor yang ada didalam Suma Budhaya yaitu: Vokalis, Pencipta lagu, Pembina dan Dinas Pariwisata. (2) Pesan merupakan bagian inti pembahasan dalam proses komunikasi yang dilakukan grup musik Suma Budhaya untuk menyebarkan doktrin ajaran-ajaran dakwah Suma Budhaya kepada sasarannya. Pesan-pesan tersebut berbentuk lisan, simbol dan sya’ir lagu yang semuanya disampaikan oleh komunikator grup musik Suma Budhaya baik secara langsung kepada sasaran komunikasi atau secara langsung kepada grup musik Suma Budhaya yang kemudian di konversikan oleh Suma Budhaya dalam bentuk simbolik seperti penggunaan alat musik daerah, kostum daerah yang disampaikan kepada sasaran komunikasi. (3) Media secara teori berarti alat atau sarana yang digunakan komunikator untuk menyampaikan pesan-pesan kepada penerima pesan (komunikan). Seperti halnya grup musik Suma Budhaya yang menggunakan media komunikasi dakwahnya dengan musik kontemporer yang didalamnya terdapat aransemen kompleks yang dibuat seunik mungkin dan juga media melalui artistik dan visual yang dibuat sederhana tetapi elegan yang didalamnya mempunyai nilai- nilai ajaran dakwah seperti nilai nasionalis, budaya, dan agama. Elemen-elemen media tersebut bertujuan untuk menarik perhatian komunikan agar senantiasa pesan-pesan yang disampaikan oleh Suma Budhaya dapat dicerna dengan lebih baik oleh komunikan. (4) Komunikan merupakan pihak yang menerima pesan-pesan yang bersumber dari komunikator. Dengan kata lain, komunikan merupakan sasaran komunikasi grup musik Suma Budhaya dalam melakukan proses komunikasi yang berupa aktivitas dakwahnya. Sasaran komunikasi yang dituju oleh grup musik Suma Budhaya adalah semua kalangan masyarakat khalayak luas. Namun jika dilihat pesan-pesan serta simbol-simbol yang dilakukan grup musik Suma Budhaya, sebagian besar sasaran yang dituju Grup Musik Suma Budhaya adalah kaum muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa, tetapi jika dilihat dari keseluruhan pesan-pesan dan aktivitas dakwah Suma Budhaya, sasaran komunikasi yang dituju menjadi lebih luas dan untuk semua kalangan. (5) Efek adalah dampak yang muncul ketika melakukan proses komunikasi atau setelahnya. Dampak tersebut dapat dirasakan oleh komunikator maupun komunikan yang berupa peubahan pola hidup, pola pikir, perilaku, hingga aktivitas. Seperti dampak yang muncul pada grup musik Suma Budhaya selaku komunikator setelah melakukan proses komunikasi yang berupa aktivitas dakwah dengan penonton (komunikan). Saat melihat antusiasnya masyarakat terhadap Suma Budhaya, grup musik Suma Budhaya lebih termotivasi lagi untuk membuat karya lagu serta melakukan pertunjukan langsung ditengah-tengah masyarakat luas. Dampak lainnya juga dirasakan masyarakat yang berperan sebagai komunikan setelah menyaksikan grup musik Suma Budhaya, dampak tersebut beragam seperti munculnya grup-grup musik lain yang terinspirasi dengan Suma Budhaya dan juga masyarakat biasa yang termotivasi pesan-pesan Suma Budhaya untuk lebih mendalami ilmu agama serta menjadi divisi keagamaan didalam organisasi yang dianut masyarakat tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Dakwah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 17 Dec 2024 07:22
Last Modified: 17 Dec 2024 07:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11960

Actions (login required)

View Item View Item