Alfiani, Lusi (2021) Representasi Feminisme Perempuan Berhijjab Dalam Video Klip Nissa Sabyan Nissa Sabyan “Bismillah” New Version (Analisis Semiotik Roland Barthes). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
Text
2042116078-Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
2042116078 -Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2042116078 - lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang representasi feminisme perempuan berhijab dalam video klip Nissa Sabyan “Bismillah” new version yang bertujuan untuk 1) mengungkap isi pesan video klip Nissa Sabyan “Bismilllah” new version, 2) mengidentifikasi representasi feminisme perempuan berhijab dalam video klip Nissa Sabyan “Bismillah” new version. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis teks media semiologi Roland Barthes. Adapun sumber data penelitian ini adalah data yang bersumber dari narasi dan visual yang terdapat dalam video klip Nissa Sabyan “Bismillah” new version, selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini berupa pulpen, buku serta cacatan untuk mencatat hasil-hasil observasi kemudian menganalisisnya berdasarkan interpretasi penulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Isi pesan video klip Nissa Sabyan “Bismillah” new version, yaitu mengingatkan kita untuk mengawali segala sesuatu dengan bismillah dan mengakhirinya dengan Alhamdulillah, serta mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT. 2) Representasi feminisme perempuan berhijab dalam video klip Nissa Sabyan “Bismillah” new version tidak lepas dari ideologi dominan yaitu feminisme liberal dan feminisme Islam yang direpresentasikan melalui perempuan berhijab dalam video klip tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Feminisme, Perempuan Berhijab, Video Klip, Semiotik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 17 Dec 2024 07:33 | ||||||||
Last Modified: | 17 Dec 2024 07:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11961 |
Actions (login required)
View Item |