Penerapan Metode Ta’zir dalam Pembinaan Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal

Umami, Soffatul (2024) Penerapan Metode Ta’zir dalam Pembinaan Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121107_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (473kB)
[img] Text
2121107_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal ialah suatu lembaga pendidikan non formal yang mempunyai tujuan dalam pembentukan sikap dan watak. Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari mempunyai suatu tata tertib yang berguna untuk mendisiplinkan para santrinya. Sikap disiplin adalah suatu bentuk kepribadian atau watak yang harus diperhatikan dan tidak boleh diabaikan, termasuk kedisiplinan santri di suatu pondok pesantren. Para santri yang tidak patuh terhadap tata tertib tersebut akan mendapatkan suatu hukuman yang disebut dengan ta’zir. Oleh karena itu, dalam pembinaan kedisiplinan santri salah satu metode pendidikan yang digunakan pondok pesantren ialah dengan pemberian ta’zir kepada santri yang melanggar aturan atau tata tertib. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis merumuskan tiga rumusan masalah di antaranya : (1) Bagaimana kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal?; (2) Bagaimana penerapan metode ta’zir dalam pembinaan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal?; (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode ta’zir dalam pembinaan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal?. Tujuan dari penelitian ini di antaranya : (1) Untuk menjelaskan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy'an Tarub Kabupaten Tegal. (2) Untuk menjelaskan penerapan metode ta'zir dalam pembinaan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal. (3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode ta’zir dalam pembinaan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal. Berdasarkan permasalahan, penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan jenis pendekatan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumen. Teknik keabsahan data yang digunakan menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teori Miles Huberman di antaranya terdapat reduksi data, penyajian data, kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal sangat baik dan teratur. Hal tersebut dapat dilihat dari kesadaran kecil para santri terhadap kewajiban mereka yaitu dengan menaati peraturan atau tata tertib pondok pesantren tersebut. Penerapan metode ta’zir di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal ialah penerapan ta’zir melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama, disidang dengan mengintogerasi terkait pelanggaran yang dilakukan. Setelah mengetahui permasalahannya, tahapan kedua yaitu menentukan ta’ziran sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Pemberian ta’zir diberikan sesuai dengan tingkat pelanggarannya. Adapun faktor pendukung dari penerapan metode ta’zir tersebut adalah tanggung jawab pengurus dalam melaksanakan tugas dan menangani santri yang melanggar. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah pengurus dan santrinya satu umur. Dan kelemahan pengurus atau kepribadian pengurus yang introvert membuat santri berani melawan dan membantah pengurus yang menta’zirkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa’rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Ta’zir, Kedisiplinan, Pondok Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Dec 2024 04:08
Last Modified: 19 Dec 2024 04:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11978

Actions (login required)

View Item View Item