Putra, Andika Ramadhan (2023) Strategi Komunikasi Dakwah Kh. Ahmad Asrori Al-Ishaqi Pada Radio Rasika 88,9 Fm Pekalongan Dalam Program Mutiara Hikmah On Air. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURAHMAN WAHID.
Text
3419040_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
3419040_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
3419040_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dakwah merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang taat, sehingga dakwah harus dapat menjangkau ke beberapa sektor kehidupan. Salah satunya adalah peranan radio sebagai media massa, peran media sangat diperlukan guna memudahkan para da’i dalam mensyiarkan cakrwala Islamiyahnya. Sehingga dalam penerapannya membutuhkan strategi komunikasi dakwah agar dakwah yang disampaikan dapat diterima dan diamalkan dengan baik oleh khalayak pendengar. Berdasarkan dari latar belakang tersebut, muncul permasalahan yang penulis coba akan teliti mengenai bagaimana konsep dakwah pada Program Mutiara Hikmah On Air dan bagaimana strategi komunikasi dakwah KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi pada Radio Rasika 88,9 FM Pekalongan dalam program acara Mutiara Hikmah On Air tersebut. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dimana sumber data dari penelitian ini didapatkan melalui proses observasi lapangan, wawancara narasumber, dan dokumentasi berupa foto dan arsip tertulis lainnya. Lalu menggunakan analisis data yang mengacu pada metode Miles and Huberman yaitu analisis data yang diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep dakwah pada Program Mutiara Hikmah yaitu dengan ditemukannya adanya Da’i, adanya Mad’u, dan adanya peran media yang membantu memaksimalkan dakwah agar sampai kepada pendengar secara efektif. Strategi komunikasi dakwah KH. Ahmad Asrori AlIshaqi yang dilakukan pada Program Mutiara Hikmah yaitu pemilihan dan penerapan metode berdakwah yang tepat kepada masyarakat yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Kiai Asrori menggunakan tiga metode dalam strategi komunikasi dakwahnya, seperti keteladanan dalam berdakwah yang membuat pendengar nantinya akan mengikuti perbuatan yang baik-baik, berdakwah dengan berlandaskan dalil-dalil Al-Qur’an dan hadis, dan berdakwah yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Dakwah, KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi, Program Mutiara Hikmah, Radio 88,9 FM Pekalongan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2024 06:52 | ||||||||
Last Modified: | 19 Dec 2024 06:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11984 |
Actions (login required)
View Item |