Aisyah, Siti (2023) Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Menumbuhkan Perilaku Hablum Minallah, Hablum Minannas, Dan Hablum Minal Alam Pada Sekolah Alam Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURAHMAN WAHID.
Text
3419043_Bab1&5.pdf Download (1MB) |
|
Text
3419043_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
3419043_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
Abstract
Sekolah Alam Pekalongan merupakan sekolah inklusi artinya siswa biasa dan siswa berkebutuhan khusus digabung menjadi satu dalam pembelajarannya. Sekolah Alam Pekalongan mempunyai nilai-nilai sekolah yang berbunyi “…tunduk kepada Sang Pencipta serta mengamalkan hablum minallah, hablum minannas, dan hablum minal alam”. Dalam penerapan perilaku tersebut perlu adanya strategi komunikasi organisasi untuk mempermudah pencapaian yang diinginkan. Pada penelitian ini, permasalahan yang akan dibahas yaitu tentang strategi komunikasi organisasi dan penerapan perilaku hablum minallah, hablum minannas, dan hablum minal alam pada Sekolah Alam Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami strategi komunikasi organisasi dan penerapan perilaku hablum minallah, hablum minannas, dan hablum minal alam pada Sekolah Alam Pekalongan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi kajian ilmu komunikasi khususnya komunikasi organisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada sepuluh strategi komunikasi organisasi yang dilakukan Sekolah Alam Pekalongan dalam menumbuhkan perilaku tersebut antara lain: 1) wawancara dan observasi pada tahap pendaftaran sekolah, 2) mengadakan rapat sebelum memulai semester baru, 3) melakukan pendekatan sesuai dengan kondisi siswa, 4) memantau kegiatan sesuai kondisi siswa, 5) menggunakan bahasa cinta, sederhana, serta penyampaian pesan secara tersirat, 6) bersikap saling terbuka 7) membuat jadwal harian 8) mengadakan voting dalam pengambilan keputusan, 9) belajar di mana saja, 10) membersamai siswa dalam melakukan kegiatan. Penerapan perilaku hablum minallah diantaranya membaca Surat Alfatihah, membaca dua kalimat syahadat, salat duha, berzikir, mengaji, salat duhur berjamaah dan membaca doa setelah belajar. Adapun penerapan perilaku hablum minannas diantaranya live in, market day, home visit, ramadan camp, santunan anak yatim, bersikap ukhuwah, membantu korban bencana alam, menjenguk orang sakit, dan berperilaku baik dalam berteman. Sedangkan penerapan perilaku hablum minal alam diantaranya gardening, operasi semut keliling, edu camp, outing class dan out bound, serta belajar langsung di alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Organisasi, Hablum Minallah, Hablum Minannas, Hablum Minal Alam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2024 07:06 | ||||||||
Last Modified: | 19 Dec 2024 07:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11985 |
Actions (login required)
View Item |