Strategi pemasaran produk “marisa”(matra arisan) di kspps bmt matra Pekalongan

Roviq, Ainur (2018) Strategi pemasaran produk “marisa”(matra arisan) di kspps bmt matra Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

BMT Matra Pekalongan dalam melakukan pengembangan lembaga BMT membuat produk – produk yang dapat menarik calon nasabah, salah satu produk yang dibuat untuk pengembang BMT yaitu produk dengan sistem arisan yang kemudian disebut tabungan MARISA (matra arisan). MARISA merupakan tabungan dengan sistem arisan yang diperuntukkan bagi semua kalangan masyarakat secara perorangan/pribadi. Tabungan MARISA dibuat sebagai sarana investasi jangka pendek dengan akad wadiah yad dhamanah. Penyetoran dilakukan setiap bulan sebelum tanggal 7 dengan jangka waktu selama 36 bulan. Setiap bulan pada tanggal 7 akan diundi hadiah langsung dan di akhir periode akan diundi hadiah-hadiah utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran tabungan MARISA (matra arisan) yang dilakukan oleh BMT Matra Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data, meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran tabungan MARISA (matra arisan) di BMT Matra Pekalongan dengan memperhatikan dan menggunakan segmentasi pasar, targeting, positioning dan bauran pemasaran (marketng mix). Pasang surutnya tabungan MARISA (matra arisan) dapat dilihat pada tahun 2014 – 2016 yang kemudian menjadikan evaluasi BMT dalam meningkatkan pemasaran dan menaikan hadiah utama. Pada tahun 2017 dapat terlihat peningkatan nasabah produk MARISA (matra arisan)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran (marketig mix).
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:14
Last Modified: 14 Dec 2020 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item