Upaya Penerapan Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (Kmi) Sebagai Bentuk Transformasi Modernisasi Pesantren Di International Muhammadiyah Boarding School (Imbs) Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan

Mernissi, Seffina Belquist (2024) Upaya Penerapan Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (Kmi) Sebagai Bentuk Transformasi Modernisasi Pesantren Di International Muhammadiyah Boarding School (Imbs) Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121176_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121176_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2121176_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pondok pesantren perlu melakukan pengembangan kurikulum agar semakin relevan seiring dengan tuntutan globalisasi dan modernisasi. Salah satu kurikulum yang menjadi contoh nyata dari upaya modernisasi adalah Kurikulum Kulliyatul Mu‘allimin alIslamiyah (KMI). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya penerapan Kurikulum Kulliyatul Mu‘allimin al-Islamiyah (KMI) sebagai bentuk transformasi modernisasi pesantren di International Muhammadiyah Boarding School (IMBS) Miftahul Ulum Pekajangan, Kabupaten Pekalongan. KMI yang diadopsi di IMBS bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan agama dan pendidikan formal, menciptakan keseimbangan antara penguasaan ilmu agama yang mendalam dan kemampuan akademik yang kompetitif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi non-partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahap: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan KMI berhasil menciptakan sinergi antara pendidikan agama dan akademik, memberikan fleksibilitas bagi santri untuk bersaing di dunia akademik dan kerja. Namun, tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan tenaga pengajar, resistensi terhadap perubahan, dan pengelolaan kurikulum yang kompleks. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan kurikulum pesantren yang modern dan relevan dengan tuntutan zaman, serta membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan pesantren agar mampu bersaing secara global. Peneliian ini diharapkan ddapat mendukung proses transformasi pendidikan pesantren agar dapat beradaptasi dengan perkembangan global sambil tetap mempertahankan nilai-nilai keislaman yang kokoh.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah, Transformasi, Modernisasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:40
Last Modified: 23 Dec 2024 07:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12040

Actions (login required)

View Item View Item