Strategi Fundraising Dana Zis Melalui Program Filantropis Cilik Di Lazismu Batang

Yusuf, Muhammad (2024) Strategi Fundraising Dana Zis Melalui Program Filantropis Cilik Di Lazismu Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3620066_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3620066_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3620066_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lazismu Batang adalah lembaga yang bertugas menghimpun, mengelola, dan menyalurkan dana zakat, infak, serta sedekah, dengan tanggung jawab utama melayani umat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebelum menjalankan kegiatan penghimpunan dana atau fundraising, Lazismu Batang terlebih dahulu menyusun ulang strategi penggalangan dana, meliputi pendekatan dialogue fundraising, multichannel fundraising, corporate fundraising, serta retention and development donor. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan solusi dari rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi fundraising dana ZIS melalui program filantropis cilik di lazismu Batang. (2) Bagaimana penanaman karakter orang tua dan anak dalam strategi fundraising dana ZIS melalui program filantropis cilik di Lazismu Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penulisan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam tahap menganalisis data meliputi pengumpulan data, kategorisasi data (reduksi), verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Lazismu Batang dalam melakukan penggalangan dana atau fundraising menggunakan strategi dialogue fundraising dilakukan secara bertatapan langsung dengan sekolah atau menemui pihak sekolah, multichannel fundraising dilakukan secara media sosial seperti website dll, corporate fundraising yaitu bekerjasama dengan pihak sekolah terkait kegiatan filantropis cilik, dan retention and development donor melakukan pelayanan yang berkualitas sehingga para donator tetap loyal. Dalam penanaman karakter orang tua dan anak menggunakan teori dakwah yaitu berupa sebagai berikut: da’i (pendakwah), mad’u(penerima dakwah), maddah(materi dakwah), wasilah(tempat dakwah), tariqah(metode dakwah).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, Khoirul197010052003121001-
Uncontrolled Keywords: Strategi Fundraising, Dakwah, Lazismu Batang
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:23
Last Modified: 24 Dec 2024 03:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12052

Actions (login required)

View Item View Item