Fitriyani, Hikmah (2024) Efektivitas Pelayanan Haji Menggunakan Aplikasi Haji Pintar Di Pusat Layanan Haji Dan Umrah Terpadu (Plhut) Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3620055I_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
3620055I_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
3620055I_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
Abstract
Ibadah haji ialah ibadah yang selalu menjadi dambaan umat muslim, banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk menciptakan ibadah yang nyaman dan khusyu. Selaras dengan hal tersebut kebutuhan jamaah akan pelayanan yang berkualitas dengan waktu yang cepat dan efisien menjadi aspek penting untuk dipenuhi. Hadirnya Aplikasi Haji Pintar menjawab pertanyaan tersebut untuk memudahkan jamaah ataupun pegawai dalam pelayanan. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka penulis merumuskan permasalahan yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana Efektivitas Pelayanan Haji Menggunakan Aplikasi Haji Pintar di PLHUT Kota Tegal serta Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pelayanan Haji Menggunakan Aplikasi Haji Pintar di PLHUT Kota Tegal. Dari rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pelayanan haji Menggunakan Aplikasi Haji Pintar di PLHUT Kota Tegal dan untuk mengetahui yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan haji di PLHUT Kota Tegal. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif berupa data yang berasal dari pihak terkait yang bisa diamati dan menggambarkan fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berasal dari berbagai sumber. Penelitian mengenai Efektivitas Pelayanan Haji Menggunakan Aplikasi Haji Pintar di PLHUT kota Tegal menunjukkan bahwa pelayanan dilakukan dengan efektif. Hal ini berdasarkan atas respon jamaah serta indikator efektivitas yang terpenuhi. Selain itu, adanya pelatihan pegawai yang kompeten dalam memberikan layanan yang berbasis digital menjadi output dasar dalam kekuatan pelayanan. Tantangan utama adanya keterbatasan jumlah sumber daya manusia dalam beberapa kegiatan. Peluang muncul dari hadirnya Haji Pintar dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya. Sedangkan hadirnya gangguan sistem informasi menjadi kendala yang menimbulkan ancaman dalam pelayanan. Penelitian ini memberikan panduan untuk dapat meningkatkan efektivitas pelayanan dengan fokus pada perlunya memberikan pelayanan yang baik dan layak untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan jamaah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pelayanan, Aplikasi Haji Pintar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 30 Dec 2024 03:43 | ||||||||
Last Modified: | 30 Dec 2024 03:43 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12103 |
Actions (login required)
View Item |