Strategi Komunikasi Dakwah Infiltrasi Komunitas X-ARMY Dalam Kegiatan Ramadhan Expro Part tiga Tahun 2023

Fathiyah, Alya (2024) Strategi Komunikasi Dakwah Infiltrasi Komunitas X-ARMY Dalam Kegiatan Ramadhan Expro Part tiga Tahun 2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
BAB I DAN V.pdf

Download (998kB)
[img] Text
001 3420127 FULL TEXT ALYA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3420127 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ARMY, Ramadhan Expro, Media Sosial, Generasi Muda Populasi K-Popers di Indonesia menduduki posisi pertama sebagai jumlah fans K-Pop terbanyak di dunia. Hal ini dapat memicu perubahan kebudayaan, kebiasaan dan gaya hidup bagi kalangan tersebut. Tingkat solidaritas K-Popers yang sangat tinggi dinilai dapat dimanfaatkan untuk hal yang bermanfaat, diantaranya sebagai sarana berdakwah. Salah satu yang melihat potensi dakwah di kalangan K-Popers adalah komunitas X-ARMY dimana mereka melakukan berbagai kegiatan positif. Salah satu kegiatan yang dilakukan sebagai sarana untuk berdakwah secara tidak langsung kepada kalangan ARMY dan K-Popers adalah melalui kegiatan Ramadhan Expro Part tiga di tahun 2023. Penelitian ini mengkaji tentang strategi komunikasi dakwah infiltrasi yang diterapkan oleh komunitas X-ARMY dalam kegiatan Ramadhan Expro part tiga tahun 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu acara tahunan yang diadakan oleh komunitas tersebut, dengan tujuan menyebarkan nilai-nilai keagamaan kepada generasi muda, khususnya kalangan ARMY dan para penggemar musik pop Korea. Strategi infiltrasi yang digunakan dalam dakwah mereka bertujuan untuk mengintegrasikan pesan-pesan agama secara halus dan relevan dalam lingkungan yang biasanya jauh dari narasi keagamaan, seperti komunitas penggemar musik Korea. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi dari berbagai kegiatan yang berlangsung selama Ramadhan Expro part tiga. Wawancara dilakukan dengan penyelenggara kegiatan Ramadhan Expro part tiga tahun 2023. Observasi difokuskan pada pendekatan komunikasi yang diterapkan selama kegiatan berlangsung, serta penerimaan audiens terhadap pesan dakwah yang disampaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunintas X-ARMY mengadopsi strategi komunikasi persuasif oleh Melvin L. D. Fleur dan Sandra J. Ball Rokeach yakni strategi The Meaning Construction dengan menggunakan cara komunikasi yang inovatif, seperti memanfaatkan media sosial, dan konten digital. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi pengunaan strategi ini diantaranya tentang konten atau isi pesan dan kejelasan pesan yang disampaikan oleh X-ARMY dalam kegiatan ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi dakwah komunitas X-ARMY melalui Ramadhan Expro part tiga tahun 2023 berhasil menggabungkan nilai-nilai agama dengan aktivitas komunitas yang disukai oleh generasi muda, sehingga mengahsilkan dakwah yang lebih mudah diterima dan diapresiasi. Pendekatan ini membuktikan bahwa dakwah yang menyentuh aspek budaya pop dapat menjadi lebih efektif dalam membangun kesadaran religius di kalangan anak muda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNoviyanto, KholidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Infiltrasi, Komunitas X-ARMY, Ramadhan Expro, Media Sosial, Generasi Muda
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 19 Mar 2025 07:35
Last Modified: 19 Mar 2025 07:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item