Implementasi Teknik Komunikasi Persuasif Akun TikTok @Indahrama_ Sebagai Media Dakwah

Yuliana, Ika Putri (2022) Implementasi Teknik Komunikasi Persuasif Akun TikTok @Indahrama_ Sebagai Media Dakwah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3418105_Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3418105_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di era digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Penggunaan media sosial semakin marak. Media sosial kerap kali digunakan sebagai wadah kreatifitas dan membuat berbagai macam konten-konten yang menarik minat penggunanya, contohnya konten dakwah. Media dakwah secara online banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini karena kemudahannya yang dapat diakses secara terus menerus. Penggunaan media dakwah secara online saat ini banyak dilakukan oleh para da’i, Salah satunya yang dilakukan oleh Indah Ramadhani. Dia menggunakan TikTok sebagai media dakwahnya. Dia menggunakan akun @Indahrama_ untuk menyebarkan dakwah-dakwahnya. Komunikasi persuasif yang digunakannya mampu menarik minat para pengguna TikTok untuk melihat konten-kontennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik komunikasi persuasif yang digunakan akun TikTok @Indahrama_ sebagai media dakwah. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Adapun sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer yang bersumbel dari akun TikTok @Indahrama_ dan sumber data sekunder yang bersumber dari data pendukung untuk menguatkan penjelasan yang diteliti berasal dari buku, jurnal, dan data pendukung lainnya. Metode pengumpulan data dengan cara mengobservasi akun TikTok @Indahrama_, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan milik Milles and Huberman yang mempunyai 4 tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu pertama, akun TikTok @Indahrama_ dapat dikatakan sebagai media dakwah, karena konten yang diunggah mengandung dakwah Islam yang bersumber dari Al-qur’an dan hadis. Akun tersebut mengandung unsur-unsur dakwah berupa Indahrama sebagai da’i, viewers-nya sebagai mad’u, Materi dakwah berasal dari dalil-dalil yang berasal dari Al-quran dan hadis. Media berupa media audio visual yaitu TikTok dan Indahrama menggunkan lisan dan juga tulisan dalam menyampaikan dakwahnya. Metode dakwah yang digunakan adalah Al-Hikmah. Efek yang ditimbulkan bisa dilihat dari komentar pada akun tersebut. Kedua, teknik komunikasi yang digunakan adalah meliputi teknik asosiasi, teknik integritas, teknik pay off and fear arousing, dan teknik tataan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDyatmika, TeddyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TikTok, Komunikasi Persuasif, Media Dakwah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 27 Dec 2024 04:16
Last Modified: 27 Dec 2024 04:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12127

Actions (login required)

View Item View Item