Pola pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis ctl (contextual teaching and learning) di kelas viii SMP N 7 Kota Pekalongan

Setiawan, Agus (2024) Pola pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis ctl (contextual teaching and learning) di kelas viii SMP N 7 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118200_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2118200_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2118200_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Polal pembelajaran adalah lsistem yangl digunakan dalaml proses pembelajaran luntuk mencapai ltujuan yanglldiinginkan. Pendidikanl menyiapkan siswal dalam sadar untuk l usaha l adalahl l menyakini, memahami, l menghayati, danl mengamalkan agamal Islam melalui ll kegiatan pembelajaran dan evaluasi denganl memperhatikanl tuntutan untuk l menghormati agamal lain dalaml kerukunan umat l beragama untuk l mewujudkan l persatuan. Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) adalah proses pemebelajaran yang bertujuan membantu siswa dalam memhubungkan mata pelajaran yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari serta menekankan siswa pada proses pembelajaran. Adapun rumusanl masalah l dalam penelitianl ini adalah berikut: (1) l sebagai ll Pendidikan l andll Bagaimana Pola Pengembangan Pembelajaranl Berbasis l Agama Islam l CTL (Contextual l Teaching Learning) di Kelasll VIII SMP l N l 7 Kota Pekalongan? (2) Apa l Faktor Pendukung l dan l Penghambat Pola Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTLl Agama Islam l Pendidikan l l (Contextual l Teaching andl Learning) di Kelas VIII SMPl N 7 Kota Pekalongan? ini l Penelitianl menggunakan jenis l penelitian lfield researchl yang biasal disebut denganl penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SMP N 7 Pekalongan selama 8 Hari mulai dari 12 Oktober 2024 sampai 19 Oktober 2024. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitianl ini menunjukkan bahwal dalam l proses pembelajaranl pendidikan agama Islam guru menerapkan pola pengembangan pembelajaran pendidikanl agama l Islam dengan model l menggunakanl pembelajaran CTL (Contextual l Teaching and vi l l Learning). Model l pembelajaran CTL (Contextual l Teaching and Learning) melatih siswa agar dapat berfikir kritis, dalaml menyelesaikanl permasalahan yang l terjadi serta menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang mendukung penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah teladan dan pembelajaran dari guru, sedangkan salah satu faktor yang menghambat penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah kurangnya kesiapan dan pemahaman guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola pembelajaran, pendidikan agama islam, ctl (contextual teaching and learning)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Dec 2024 03:55
Last Modified: 17 Jun 2025 02:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12128

Actions (login required)

View Item View Item