Setiawan, Agus (2024) Pola Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Ctl (Contextual Teaching And Learning) Di Kelas Viii Smp N 7 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2118200_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2118200_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2118200_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Polal pembelajaran adalah lsistem yangl digunakan dalaml proses pembelajaran luntuk mencapai ltujuan yanglldiinginkan. Pendidikanl Agama Islaml adalahl usaha lsadar untuk lmenyiapkan siswal dalam lmenyakini, memahami, lmenghayati, danl mengamalkan agama Islam melaluillkegiatan pembelajaran dan evaluasi denganl memperhatikanl tuntutan untuk lmenghormati agama lain dalaml kerukunan umat lberagama untuk lmewujudkan lpersatuan. Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) adalah proses pemebelajaran yang bertujuan membantu siswa dalam memhubungkan mata pelajaran yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari serta menekankan siswa pada proses pembelajaran. Adapun rumusanl masalah ldalam penelitianl ini adalah sebagaillberikut: (1) lBagaimana Pola Pengembangan Pembelajaranl Pendidikan Agama Islam lBerbasis lCTL (Contextual lTeaching andllLearning) di KelasllVIII SMP lN 7 Kota Pekalongan? (2) Apa lFaktor Pendukung ldan lPenghambat Pola Pengembangan Pembelajaran lPendidikan lAgama Islam lBerbasis CTLl (Contextual lTeaching andl Learning) di Kelas VIII SMPl N 7 Kota Pekalongan? Penelitianl ini lmenggunakan jenis lpenelitian lfield researchl yang biasal disebut denganl penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SMP N 7 Pekalongan selama 8 Hari mulai dari 12 Oktober 2024 sampai 19 Oktober 2024. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitianl ini menunjukkan bahwaldalam proses pembelajaranl pendidikan agama Islam guru menerapkan pola pengembangan pembelajaran pendidikanl agama lIslam dengan menggunakan model lpembelajaran CTL (Contextual lTeaching and lLearning). Model lpembelajaran CTL (Contextual Teaching and lLearning) melatih siswa agar dapat berfikir kritis, dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi serta menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang mendukung penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah teladan dan pembelajaran dari guru, sedangkan salah satu faktor yang menghambat penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah kurangnya kesiapan dan pemahaman guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, CTL (Contextual Teaching And Learning) | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 30 Dec 2024 03:55 | ||||||||
Last Modified: | 30 Dec 2024 03:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12128 |
Actions (login required)
View Item |