Strategi Komunikasi Persuasif Lazis Al Ihsan Jawa Tengah Dalam Meningkatkan Minat Zakat, Infaq Dan Shodaqoh (Zis) Di Kota Pekalongan

Aini, Sefia Nur (2024) Strategi Komunikasi Persuasif Lazis Al Ihsan Jawa Tengah Dalam Meningkatkan Minat Zakat, Infaq Dan Shodaqoh (Zis) Di Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419034_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3419034_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3419034_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi adalah suatu rencana tertulis yang berupa gagasan, tindakan dan implementasi yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran. Sedangkan strategi komunikasi persuasif adalah suatu proses di mana pikiran, sikap dan tindakan orang dipengaruhi oleh pengaruh psikologis dan tindakan orang bertindak sesuai dengan kebutuhan komunikator. Minat zakat di LAZIS Jawa Tengah Kota Pekalongan terbilang masih rendah karena mereka cenderung menyalurkan zakat sendiri dan masih minim kesadaran donatur untuk menyalurkan zakat di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh. Dalam mengajak donatur untuk melakukan penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh LAZIS Al Ihsan Jawa Tengah Kota Pekalongan memiliki strategi dalam melakukan komunikasi persuasif untuk dapat meningkatkan minat Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) di Kota Pekalongan. Dengan mengunakan teori komunikasi persuasif milik Melvin L.DeFluer dan Sandra J.Ball-Rokeach memiliki tiga macam strategi persuasif yaitu, strategi psikodinamika, strategi sosiokultural dan strategi konstruksi makna. Dalam penelitian ini ditemukan adanya peningkatan minat Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) d LAZIS Al Ihsan Jawa Tengah Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dilengkapi teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi, serta metode penelitian analisis data dengan meliputi reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah strategi komunikasi persuasif Melvin L.DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach yang dilakukan LAZIS Al ihsan Jawa Tengah Kota Pekalongan yaitu dengan memberikan edukasi seputar zakat, infaq, shodaqoh (zis), melakukan sosialisasi dan mengajak kolaborasi, Kemudian faktor pendukung yang terdapat dalam strategi komunikasi persuasif dengan adanya keterlibatan kegiatan di LAZIS Al Ihsan Jawa Tengah Kota Pekalongan dengan mengikuti pelatihan SDM, jaringan komunikasi yang terbentuk dan kepercayaan donatur tetap untuk menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) kepada LAZIS Al Ihsan Jawa Tengah Kota Pekalongan. Adapun faktor penghambat yang terjadi yaitu, keterampilan komunikasi tidak utuh, pesan yang disampaikan tidak dapat feedback, terjadi kesalahpahaman dan tingkat branding kurang dalam kewajiban berzakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrastya, DimasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Persuasif, LAZIS Al Ihsan Jawa Tengah, Zakat, Infaq, Shodaqoh
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 30 Dec 2024 07:56
Last Modified: 30 Dec 2024 07:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12136

Actions (login required)

View Item View Item