Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Kelas 2 Sd Plus Al Burhan)

Faizah, Haizatul (2024) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Kelas 2 Sd Plus Al Burhan). Masters thesis, UIN K,H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50322033 - Bab I dan Bab VII.pdf

Download (2MB)
[img] Text
50322033 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
50322033 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia, terdapat pendekatan yang dikenal sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pendekatan ini merupakan salah satu inovasi penting yang dirancang untuk menguatkan karakter dan keterampilan pelajar Indonesia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. P5 bertujuan untuk membentuk siswa yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan integritas moral yang tinggi Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana kurikulum merdeka yang diterapkan di SD Plus Al Burhan? Bagaimana profil pelajar pancasila di SD Plus Al Burhan? Bagaimana implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kelas 2 SD Plus Al Burhan? Tujuan penelitian adalah : Pertama untuk menganalisis kurikulum merdeka yang diterapkan di SD Plus Al Burhan. Kedua untuk menganalisis profil pelajar Pancasila di SD Plus Al Burhan. Ketiga untuk menganalisis bagaimana implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kelas 2 SD Plus Al Burhan. Kegunaan penelitian ini adalah: Menambah wawasan dan khazanah keilmuan mengenai penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka khususnya di Sekolah Dasar serta menjadi referensi dalam penelitian sejenis dan perumusan kebijakan oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan dengan pendidikan sekolah. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, verifikasi data, dan simpulan data. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Penerapan kurikulum merdeka di SD Plus Al Burhan : kurikulum ini diterapkan didasarkan karena tuntutan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dalam penerapannya guru dituntut lebih kreatif dan inovatif pada saat pembelajaran, oleh karena itu mereka selalu mengembangkan potensinya melalui workshop atau pelatihan tentang kurikulum merdeka. (2) Profil pelajar pancasila di SD Plus Al Burhan : P5 merupakan fokus pembelajaran di kurikulum merdeka.Implementasi Profil Pelajar Pancasila di sekolah ini mencakup berbagai pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan pada pengembangan karakter siswa melalui kegiatan pembelajaran berbasis projek, kolaborasi, dan eksplorasi diri. (3) Implementasi proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kelas 2 SD Plus Al Burhan: Salah satu metode yang digunakan dalam penerapan P5 di kelas 2 ini adalah dengan menggunakan metode pengajaran project based learning Proyek ini dirancang agar siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan bermakna, sekaligus mengembangkan karakter yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Dengan menggunakan pendekatan lintas disiplin, pembelajaran pada P5 tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga mendorong keterampilan sosial, emosional, dan moral siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorGhufron, M. Ali198707232020121004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Merdeka Belajar, P5, Siswa Kelas 2 SD
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jan 2025 03:24
Last Modified: 02 Jan 2025 03:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12139

Actions (login required)

View Item View Item