Arifah Ulfah, Zuhairoh (2020) Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Lisānul Jāmi‘Ah I Perspektif Gender. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
Bab I- V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Zuhairoh, Arifah Ulfah. Analisis Buku Ajar Lisa>nul Ja>mi‘ah I Perspektif Gender. Skripsi. Pekalongan: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Tahun 2020. Pembimbing: Drs. Muhamad Jaeni, M.Pd., M.Ag. Kata Kunci: Buku Ajar, Bahasa Arab, Gender Dalam penyusunan buku ajar perlu memperhatikan isi materi agar sesuai dengan unsur sosial budaya tanpa menimbulkan penafsiran ganda dan suatu ketimpangan. Isu gender merupakan salah satu unsur sosial yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan pendidikan. Hal ini termasuk di dalamnya adalah proses pembelajaran dan buku ajar bahasa Arab. Sedangkan Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang sistem bahasanya sangat bias gender. Maka dalam penyusunan buku ajar bahasa Arab harus lebih hati-hati agar dapat meminimalisir adanya bias gender dalam buku ajar. Hal ini berlaku juga pada buku ajar bahasa Arab Lisa>nul Ja>mi‘ah I. Penelitian ini berjudul Analisis Buku Ajar Lisa>nul Ja>mi‘ah I Perspektif Gender dengan rumusan masalah bagaimana analisis perspektif gender dalam buku ajar bahasa Arab Lisānul Jāmiʻah I dan bagaimana kandungan bias gender dalam buku ajar bahasa Arab Lisānul Jāmiʻah I. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis buku ajar bahasa Arab Lisānul Jāmiʻah I perspektif gender untuk mengetahui kandungan bias gendernya. Kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi, referensi, bahan pertimbangan dan wawasan terkait gender dalam buku ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan sumber data yang diambil dari sumber data primer maupun sekunder. Sumber data dikumpulkan dengan teknik dokumenter dan wawancara. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar isi buku ajar Lisānul Jāmiʻah I telah menunjukkan sensitif gender. Namun, kandungan bias gendernya juga cukup banyak meski tak sebanyak kandungan sensitif gender. Dalam buku ajar ini juga ditemukan isi buku ajar yang netral gender.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Buku Ajar, Bahasa Arab, Gender | ||||||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with email nasrul@uingusdur.ac.id | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:38 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |