Purniawanti, Rani (2024) Bimbingan Klasikal Dalam Mengembangkan Perilaku Anti Bullying Siswa Kelas Xi Di Sma Nu 01 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3520067_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3520067_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
3520067_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini bahwa adanya kasus bullying yang dilakukan individu terhadap temannya yang terjadi di kelas XI di SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub. Adanya permasalahan ini timbul karena perilaku anti bullying siswa yang masih rendah sehingga menyebabkan beberapa individu melakukan bullying verbal maupun non verbal seperti mengejek, bercanda, menabok dan mengganggu teman. Dalam hal ini, perlunya suatu upaya dalam mencegah perilaku bullying di sekolah. Bimbingan klasikal di sekolah sangatlah penting guna mencegah terjadinya bullying, serta dapat mengembangkan perilaku anti bullying siswa sehingga diharapkan perilaku bullying itu tidak terjadi kembali. Rumusan masalah yanng diungkap adalah bagaimana perilaku anti bullying yang terjadi pada siswa kelas XI di SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub, bagaimana pelaksanaan Bimbingan Klasikal Dalam Mengembangkan Perilaku Anti Bullying siswa kelas XI di SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku anti bullying yang terjadi pada siswa kelas XI di SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub, dan untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan Klasikal Dalam Mengembangkan Perilaku Anti Bullying siswa kelas XI di SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub perilaku anti bullyingnya sudah lumayan berkembang dari sebelumnya karena dari beberapa siswa sudah mampu memahami dampak dari bullying, bentuk-bentuk dan lain-lain, serta siswa mampu mencegah timbulnya perilaku tidak baik di dalam kelas. Dalam hal ini, bimbingan klasikal sangat diperlukan bagi semua siswa supaya mencegah dan memninimalisir timbulnya bullying serta supaya perilaku anti bullying siswa semakin berkembang dan meningkat. Pelaksanaan bimbingan klasikal dilakukan melalui 3 tahapan yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Klasikal, Bullying, Perilaku Anti Bullying | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2025 07:48 | ||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2025 07:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |