Efektivitas Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas XI SMAN 1 Bulakamba

Khaerunisa, Muhimatul (2025) Efektivitas Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas XI SMAN 1 Bulakamba. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621005_Bab I dan Bab V.pdf

Download (528kB)
[img] Text
2621005_Full Text-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text
2621005_Lampiran-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hasil survei PISA 2022 menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia masih kurang optimal, dengan skor rata-rata yang jauh di bawah standar internasional. Kurang optimalnya kemampuan pemecahan masalah juga ditemui di SMAN 1 Bulakamba. Alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi kurang optimalnya kemampuan pemecahan masalah yakni dengan menerapkan model maupun media pembelajaran yang mampu mengasah kemampuan pemecahan masalah siswa. Guided discovery learning diyakini mampu menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui berbagai kegiatan. Beraneka ragam media yang dapat dimanfatkan dalam pembelajaran matematika seperti software Geogebra. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi guided discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan trigonometri kelas XI SMAN 1 Bulakamba, serta bagaimana keefektifan guided discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan trigonometri kelas XI SMAN 1 Bulakamba. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi guided discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah dan untuk menjelaskan keefektifan guided discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode quasi experimental design (percobaan semu). Desain penelitian yakni nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Bulakamba yang berjumlah 412 siswa. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan adalah 68 siswa, yang dibagi menjadi dua kelas yakni kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Berdasarkan hasil observasi, keterlaksanaan implementasi guide discovery learning dengan berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan trigonometri kelas XI SMAN 1 Bulakamba sangat baik. 2) Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai t_hitung>t_tabel dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05 yang artinya H_0 ditolak dan H_a diterima sehingga dapat disimpulkan guided discovery learning berbantuan geogebra efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery Learning, Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 516.24 Trigonometry/Trigonometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Khaerunisa Muhimatul
Date Deposited: 05 Mar 2025 07:48
Last Modified: 05 Mar 2025 07:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12256

Actions (login required)

View Item View Item