Lusiana, Rina (2018) Pengaruh pelayanan, produk, dan promosi terhadap preferensi nasabah pada produk simpanan sukarela di btm Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan jasa pelayanan lembaga keuangan bank dan non bank pada umumnya semakin menjadi perhatian masyarakat luas. Hal ini dapat dilihat dari persaingan pelayanan, produk, dan promosi yang ditawarkan berbagai lembaga keuangan. Menurut lembaga keuangan mikro islam dalam memperhatikan keinginan dan kebutuhan nasabahnya dengan memberikan pelayanan dan produk yang memuaskan serta membuat promosi yang menarik nasabah. Salah satu yang dapat mendorong timbulnya preferensi nasabah yaitu jenis produk tabungan yang ditawarkan di BTM Wiradesa, produk tabungan tersebut yang paling banyak diminati yaitu produk tabungan simpanan sukarela. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan, produk dan promosi terhadap preferensi nasabah pada produk simpanan sukarela (studi kasus di BTM Wiradesa). Sampel penelitian ini adalah 50 nasabah simpanan sukarela di BTM Wiradesa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Non Probability dengan jenis teknik Random sampling, metode kuantitatif data primer. Dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengukur setiap instrumen pertanyaan, serta membandingkan uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji linieritas. Menggunakan uji Regresi linier berganda dan uji t serta uji F dengan tingkat signifikansi 5%. Secara parsial, Pelayanan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi nasabah (Y) pada produk simpanan sukarela dengan nilai thitung sebesar 2,361 dan nilai signifikansi sebesar 0,018. Produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi nasabah (Y) pada produk simpanan sukarela dengan nilai thitung sebesar 3,517 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Promosi (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi nasabah (Y) pada produk simpanan sukarela dengan nilai thitung sebesar 3,008 dan nilai signifikansi sebesar 0,004. Secara simultan Pelayanan (X1), Produk (X2) dan Promosi (X3) berpengaruh terhadap preferensi nasabah (Y) pada produk simpanan sukarela dengan nilai Fhitung sebesar 16,860dan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Produk, Promosi, Preferensi Nasabah, Simpanan Sukarela dan BTM Wiradesa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 06 Jan 2021 07:56 | ||||||||
Last Modified: | 06 Jan 2021 07:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1226 |
Actions (login required)
View Item |