Annur, Nisrin Humaida (2025) Implementasi Kegiatan Fun Cooking Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Kbi Usamah Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421022_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2421022_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2421022_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sosial emosional merupakan salah satu komponen perkembangan anak usia dini yang sangat penting. Salah satu aktivitas yang dapat mengembangkan sosial emosional yaitu melalui kegiatan fun cooking. KBI Usamah Kota Tegal telah menerapkan kegiatan fun cooking secara rutin yakni setiap hari Rabu untuk mengembangkan keterampilan sosial emosional anak. Rutin dilaksanakannya kegiatan tersebut mampu mengembangkan sosial emosional peserta didik di KBI Usamah Kota Tegal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi kegiatan fun cooking dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di KBI Usamah Kota Tegal? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi kegiatan fun cooking dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di KBI Usamah Kota Tegal? Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi implementasi kegiatan fun cooking dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di KBI Usamah Kota Tegal dan mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi kegiatan fun cooking dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di KBI Usamah Kota Tegal. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari kepala sekolah dan para pendidik di KBI Usamah Kota Tegal. Data sekunder diperoleh dari referensi kepustakaan dan dokumen yang mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan fun cooking dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di KBI Usamah Kota Tegal terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan mencakup penentuan tujuan, menu, serta persiapan alat dan bahan. Pelaksanaan meliputi kegiatan pembuka (doa, pengenalan alat, dan pembiasaan mencuci tangan), inti (praktik memasak individu/kelompok), dan penutup (doa, mencicipi hasil masakan, dan membersihkan kelas). Evaluasi dilakukan melalui observasi dan recalling untuk mencatat perkembangan sosial emosional anak. Faktor pendukungnya yaitu ketersediaan sarana prasarana, kreativitas guru, dan dukungan orang tua, sementara faktor penghambatnya yaitu keterbatasan guru pendamping serta keterbatasan ketersediaan peralatan masak tertentu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Fun Cooking, Sosial Emosional, Anak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:10 | ||||||||
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |