Implementasi layanan mobile banking di bank syariah (studi kasus bni syariah cabang Pekalongan)

Khozanah, Wilda (2018) Implementasi layanan mobile banking di bank syariah (studi kasus bni syariah cabang Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Mobile Banking merupakan layanan perbankan 24 jam yang disediakan bagi nasabah yang mobilitasnya tinggi. Layanan Mobile Banking memiliki banyak fitur dan memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan untuk nasabah. Selain itu juga memberikan fasilitas yang ditawarkan seperti transfer, mengetahui informasi saldo, mutasi rekening, pembelian voucher, dan pembayaran tagihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan Mobile Banking di bank syariah (studi kasus BNI Syariah Cabang Pekalongan) dan bagaimana cara BNI Syariah Cabang Pekalongan dalam mengatasi hambatan pada layanan Mobile Banking. Jenis penelitian dalam penulisan Tugas Ahir ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kredibilitas informasi dan data yang digunakan adalah triangulasi dengan sumber data, triangulasi dengan metode dan triangulasi dengan teori. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Layanan Mobile Banking bermanfaat bagi pihak nasabah maupun pihak bank. Manfaat bagi nasabah adalah nasabah tidak perlu lagi ke kantor cabang untuk melakukan transaksi baik secara financial maupun non financial. Pihak bank juga akan mendapatkan pendapatan tambahan diluar pendapatan umum dari setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah berupa fee-based income. (2) Dibalik kemudahan layanan Mobile Banking tersimpan resiko dan hambatan yang mungkin bisa terjadi. Jika terjadi masalah terkait dengan resiko kejahatan dari pelaku hacker maka pihak BNI Syariah Cabang Pekalongan hanya memproses lewat pihak yang berwajib saja. Akan tetapi, jika masalah yang terjadi terkait dengan hubungan jaringan atau koneksi internet, maka BNI Syariah Cabang Pekalongan akan memprosesnya dalam waktu dua hari setelah pengaduan untuk menyelesaikan dan memperbaiki masalah yang terjadi kepada nasabah dan mengembalikan saldo nasabah jika memang transaksi yang dilakukan belum berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsfandiar, Ali AminUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan, Mobile Banking, Bank Syariah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:56
Last Modified: 06 Jan 2021 07:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item