Winarsih, Sri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Hands On Activity Berbantuan Opportunity Board Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621021_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2621021_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2621021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan representasi matematis siswa merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika, karena membantu siswa menghubungkan konsep abstrak dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan wawancara dengan guru SMP Negeri 03 Kajen, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam merepresentasikan konsep matematis secara visual, simbolik, dan verbal, serta cenderung tidak aktif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi peluang menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Hands On Activity (HOA) berbantuan Opportunity Board terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Model HOA dipilih karena menekankan keterlibatan aktif siswa melalui pengalaman langsung yang selaras dengan teori konstruktivisme Piaget, di mana siswa membangun pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan lingkungan. Opportunity Board digunakan sebagai alat peraga yang membantu siswa memvisualisasikan konsep peluang secara konkret, mendorong keterlibatan aktif, dan meningkatkan pemahaman siswa. Dengan menggunakan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat mengatasi kesulitan dalam memahami materi peluang dan meningkatkan kemampuan representasi matematis mereka secara signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain yang diterapkan ialah Quasi Eksperimen Design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerapkan model HOA dengan Opportunity Board dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 170 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 64 siswa. Data dikumpulkan melalui Pretest dan Posttest yang diberikan kepada kedua kelompok. Analisis data dilakukan dengan uji-t independent samples test untuk menentukan perbedaan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan diberikan, kemampuan awal siswa di kedua kelompok tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, dengan nilai p-value sebesar 0.092, yang lebih besar dari tingkat signifikansi 0.05. Hal ini menandakan bahwa kondisi awal kemampuan representasi matematis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol relatif sama. Namun, setelah perlakuan diberikan, terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran HOA berbantuan Opportunity Board. Rata-rata nilai Posttest pada kelas eksperimen mencapai 50,31, meningkat secara signifikan dibandingkan dengan nilai Pretest yang sebesar 31,72. Sementara itu, kelas kontrol hanya mengalami peningkatan yang lebih kecil, dengan rata-rata nilai Posttest sebesar 36,06 dari Pretest 25,16. Analisis uji-t menghasilkan nilai thitung sebesar 4,882 dengan derajat kebebasan (df) 62 dan p-value < 0.001. Jika dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,998, maka |thitung| ≥ ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Hands On Activity dengan bantuan alat peraga Opportunity Board terhadap kemampuan representasi matematis siswa, yang terlihat dari peningkatan hasil belajar yang lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan representasi, Hands-On Activity (HOA), Opportunity Board. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2025 03:09 | ||||||||
Last Modified: | 10 Mar 2025 03:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |