Attammi, Kholisna (2025) Implementasi Muatan Lokal Kurikulum Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas Iv Di Mis Jenggot 03 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321088_Cover_Bab I & Bab v.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2321088_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2321088_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam mengembangkan karakter anak bangsa pesantren lebih berpengaruh dalam membentuk kepribadian anak, dengan mengusahakan lembaga pendidikan formal menerapkan pendidikan berbasis pondok pesantren. Muatan lokal kurikulum pondok pesantren merupakan program unggulan yang di gagas oleh pendiri yayayasan. Hal yang melatarbelakangi penerapan muatan lokal kurikulum pondok pesantren ini, karena pihak yayasan ingin menyelenggarakan pendikan guna mempersiapkan siswa untuk masuk ke pondok pesantren serta membekali siswa dengan ilmu-ilmu kepesantrenan walaupun tidak masuk pesantren. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Bagaimana Implementasi muatan lokal kurikulum pondok pesantren dalam membentuk karakter religius siswa kelas IV di MIS 03 Jenggot. Apa problematika pembentukan karakter dalam implementasi muatan lokal kurikulum pondok pesantren dalam membentuk karakter religius siswa kelas IV di MIS 3 Jenggot,. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi muatan lokal kurikulum pondok pesantren dalam membentuk karakter religius siswa kelas IV di MI Salafiyah 03 Jenggot dan problematikan pembentukan karakter dalam implementasi muatan lokal kurikulum pondok pesantren dalam membentuk karakter religius siswa kelas IV di MI Salafiyah 03 Jenggot Pekalongan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mulok dan peserta didik kelas IV. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam implementasi muatan lokal kurikulum pondok pesantren dalam a.)Perencanaan pihak yayasan yang menyusun perencanaan pembelajaran berbentuk silabus dan guru tidak lagi membuat RPP ataupun modul ajar. b) Pelaksanaan, dalam pelaksanaannya ada 6 mapel muatan lokal kurikulum pondok pesantren yang diajarkan di kelas IV diantaranya Shorof, Arab Pegon, Tauhid, Safinah, Akhlaq, Fasholatan dengan menggunakan metode hafalan, keteladanan,dan ceramah, pembiasaan. c.) Evaluasi,dilaksanakan pada setiap Penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester untuk evaluasi harian berupa hafalan. Problematika pembentukan karakter dalam implementasi muatan lokal kurikulum pondok pesantren dalam membentuk karakter religius siswa kelas IV di MIS 3 Jenggot, Pekalongan yaitu keterbatasan waktu pelajarab, latar belakang siswa, pengkondisian anak, serta kurangnya motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Muatan Lokal, Kurikulum Pondok Pesantren, Karakter Religius. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2025 07:31 | ||||||||
Last Modified: | 11 Mar 2025 07:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |