Khafid, Anhar (2025) Kemampuan Membaca dan Berbicara Peserta Didik Kelas IV di SDN 02 Wangandowo Melalui Program Baca Tulis Literasi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321105_BAB I & BAB V.pdf Download (855kB) |
![]() |
Text
2321105_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2321105_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (948kB) |
Abstract
Kemampuan membaca dan berbicara merupakan aspek yang sangat penting bagi peserta didik. Melalui kemampuan membaca peserta didik mampu memperoleh pengetahuan dan gagasan sedangkan melalui kemampuan berbicara peserta didik dapat menyalurkan pengetahuan dan gagasannya. Melalui program baca tulis literasi kemampuan membaca dan peserta didik dapat meningkat. SDN 02 Wangandowo merupakan sekolah yang menerapkan program baca tulis literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara peserta didiknya. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dan tujuan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi program baca tulis literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara peserta didik kelas IV di SDN 02 Wangandowo, Bagaimana dampak program baca tulis literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara peserta didik kelas IV di SDN 02 Wangandowo, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program baca tulis literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara peserta didik kelas IV di SDN 02 Wangandowo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi lapangan atau yang umumnya disebut dengan istilah field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif merupakan pendekatan yang menggambarkan dan melakukan penjabaran terkait implementasi program baca tulis literasi di SDN 02 Wangandowo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan hasil bahwa implementasi program baca tulis literasi pada kemampuan membaca dan berbicara peserta didik kelas IV di SDN 02 Wangandowo dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dampak dari program baca tulis literasi adalah kemampuan membaca dan peserta didik kelas IV SDN 02 Wangandowo meningkat. Faktor pendukungnya adalah sumber daya manusia SDN 02 Wangandowo, kerjasama dan dukungan orang tua peserta didik, dan perpustakaan sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya minat baca peserta didik, peserta didik yang sering kali tidak tertib, sarana dan prasarana yang rusak, dan peserta didik yang cenderung bermain game ketika menggunakan perpustakaan digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca dan berbicara, Peserta didik, Program baca tulis literasi, SDN 02 Wangandowo | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 410 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia) > 411.52 Spelling/Ejaan dan Ucapan 400 LANGAUGE (BAHASA) > 410 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia) > 418.4 Reading/Membaca |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Khafid Anhar | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2025 05:48 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2025 05:49 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |